• Home
  • Ekonomi
  • Pemkot Banda Aceh Belum Beri Izin Bangun Hotel Berbintang di Sebelah Masjid Raya

Pemkot Banda Aceh Belum Beri Izin Bangun Hotel Berbintang di Sebelah Masjid Raya

Oleh: Redaksi
Rabu, 16/01/2019 11:12 WIB
Dibaca: 229 kali
Foto: google.com

BANDA ACEH - Perusahaan properti asal Jakarta mengirimkan permohonan izin prinsip mendirikan bangunan hotel bintang empat di dekat Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh. Pemerintah Kota belum mengeluarkan izin karena lokasi tersebut masuk rencana perluasan masjid.

"Pemerintah Kota Banda Aceh dalam hal ini menegaskan belum mengeluarkan izin untuk mendirikan bangunan di eks bangunan Geunta Plaza tersebut," kata Asisten Keistimewaan, Perekonomian, dan Pembangunan Setdakota, Iskandar, Rabu (16/1/2019). 

Permohonan izin prinsip itu dilayangkan pada September 2018. Berselang tiga bulan kemudian, tepatnya pada 10 Desember, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengirim surat ke pengurus masjid Baiturrahman untuk meminta pendapat mereka. 

Dalam surat itu, Walkot Aminullah menjelaskan lokasi rencana pembangunan hotel ini masuk wilayah perdagangan dan jasa, sehingga dibolehkan untuk membangun hotel. Namun Aminullah saat itu meminta rekomendasi dan pendapat dari pengurus Masjid Baiturrahman.

"Jadi setelah masuknya permohonan izin kepada Pemko Banda Aceh, Pemko kemudian menyurati Pemprov Aceh dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman untuk memintai pendapat," jelas Iskandar. 

Menurutnya, beberapa waktu lalu Pemkot Banda Aceh bersama Pemprov dan pengurus Masjid Baiturrahman serta perwakilan perusahaan sudah menggelar untuk membahas masalah ini. Rapat juga kembali digelar pada Senin (14/1) lalu dengan agenda yang sama. 

Dalam rapat tersebut dijelaskan, lokasi bekas Geunta Plaza ini masuk master plan pengembangan MRB sejak 2015, namun belum di-pergub-kan. Sementara master plan ini juga diakomodir dalam RTRW Kota Banda Aceh tahun 2009-2029 yang direvisi tahun 2017 melalui Qanun Nomor 2 Tahun 2018. 

Selain itu, dalam rapat tersebut disepakati Pemprov Aceh akan segera mengeluarkan Pergub terkait master plan pengembangan kawasan MRB. Pemkot sendiri hingga kini belum mengeluarkan izin terkait rencana pembangunan hotel tersebut.

"Setelah dengar pendapat dari Pemkot, Pemprov, dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman, diambil kesimpulan bahwa semua setuju dengan kelanjutan master plan Masjid Raya Baiturrahman. Dan dalam waktu dekat akan segera menjawab surat Wali Kota agar Pemko segera bisa memberi jawaban kepada investor," ujar Iskandar.

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehhotel berbintangmesjid raya
Berita Terkait
  • Jumat, 31/05/2019 13:18 WIB

    Teka-teki Ikan Mati Massal di Pantai Banda Aceh

    BANDA ACEH - Keberadaan ikan yang disebut mati massal di pantai di Banda Aceh sempat membuat heboh. Terjawab sudah, ternyata ikan itu hasil tangkapan nelayan. "Ikan yang di pantai itu hasil tangkapan

  • Senin, 20/05/2019 17:45 WIB

    THR PNS Cair 24 Mei, Pemkot Banda Aceh Siapkan Rp 18 M

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyiapkan anggaran Rp 18 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) PNS. Rencananya, THR akan cair pada 24 Mei mendatang. "Peraturan Wali Kota

  • Sabtu, 11/05/2019 14:54 WIB

    Saiful Perantara Suap Irwandi Yusuf Dipindah ke Lapas Banda Aceh

    BANDA ACEH - T Saiful Bahri, perantara suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dipindahkan ke Lapas Lambaro, Banda Aceh. Pemindahan Saiful yang divonis 5 tahun penjara ini dilakukan Jaksa pada KPK.

  • Selasa, 07/05/2019 01:13 WIB

    Pemkot Banda Aceh Tetapkan Lokasi Penjualan Kuliner Buka Puasa

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menetapkan dua titik penjualan penganan atau kuliner berbuka puasa di ibu kota Provinsi Aceh tersebut. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah da

  • Senin, 06/05/2019 22:20 WIB

    Pemerintah Aceh Gelar Festival Ramadhan 2019

    BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar kegiatan wisata religi bertajuk "Festival Ramadhan 2019", yang akan menyuguhkan ragam kegiatan menarik bernuansa Islami kepada w

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir