• Home
  • Ekonomi
  • PLTD Apung Dibuka, Wisatawan Luar Aceh Berdatangan

PLTD Apung Dibuka, Wisatawan Luar Aceh Berdatangan

Oleh: Redaksi
Senin, 15/06/2020 10:06 WIB
Foto: kanalinspirasi.com

BANDA ACEH - Situs Wisata Tsunami Kapal PLTD Apung kembali ramai dikunjungi wisatawan, Minggu (14/6/2020), setelah sempat tutup sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Namun, pengunjung harus melewati protokol kesehatan ketat, sebelum memasuki komplek Kapal di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh ini.

“Komplek Situs Wisata Tsunami Kapal PLTD Apung baru kembali aktif dibuka untuk pengunjung sejak Kamis (11/6/2020) lalu, setelah tersedianya alat pemeriksa kesehatan untuk pencegahan Covid-19,” jelas anggota DPRK Banda Aceh, Ramza Harli, yang juga warga Punge Blang Cut.

Setiap pengujung, lanjutnya, harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan antiseptik atau Hand Sanitizer, menjaga jarak, hanya kuota 100 pengunjung persesi selama 30 menit dan wajib mengenakan masker untuk segala usia, khususnya lansia dan balita.

“Bagi pengunjung yang tidak membawa masker, disekitar komplek Kapal juga dijual masker kain oleh warga dengan harga yang sangat wajar,” kata Ramza.

Ramza mengatakan,sejak hari pertama dibuka dan khususnya pada akhir pekan ini, pengunjung yang datang umumnya wisatawan lokal, bahkan tidak sedikit yang mengaku baru tidab dari Medan, Sumatera Utara.

“Ini perlu menjadi perhatian pemerintah, karena banyak warga dari Provinsi Sumatera Utara yang masih Zona Merah Covid-19, masuk ke wilayah Aceh hingga Banda Aceh, tanpa menjalani karantina mandiri,” lanjutnya.

Menurutnya, dengan diberlakukan New Normal bukan hanya warga Aceh yang keluar ke Sumatera Utara, warga luar Provinsi Aceh bahkan dari wilayah Zona Merah Covid-19 banyak berkunjung ke Aceh dan langsung membaur tanpa menjalani karantina kesehatan.

“Kami berharap Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Provinsi Aceh didukung pihak kepolisian untuk memperketat pengawasan keluar masuk warga di wilayah perbatasan untuk jalur darat, jangan sampai New Normal disalahartikan oleh masyarakat,” harapnya.

Dengan dibukanya kembali objek wisata Tsunami PLTD Apung, dikatakan Ramza, telah membangkitkan kembali gerak perekonomian dwarga Punge Blang Cut. Karena sebagian warga dapat mencari nafkah melalui keberadaan situs wisata ini, baik di sektor perdagangan, perpakiran dan jasa wisata lain.

“Kita sangat mendukung keputusan Dinas Pariwisata yang telah membuka kembali objek wisata PLTD Apung, yang dapat diikuti dengan objek wisata lain di Kota Banda Aceh, tetap dengan penerapan protokol kesehatan,” sebut sekretaris Komisi II DPRK Banda Aceh yang membidangi Perkonomian tersebut.

Selain protokol kesehatan yang ketat, Dinas Pariwisata Banda Aceh juga melakukan perubahan jadwal kunjungan Kapal PLTD Apung dimasa New Normal, yaitu tidak dibuka lagi pada Sore hari.

“Menurut kami, jika memang sudah boleh dikunjungi, dibuka saja hingga pukul 18.00 seperti sebelumnya, karena pengunjung banyak yang datang pada sore hari,” demikian kata Ramza Harli.

Sumber: kanalinspirasi.com

Tag:covid-19covid 19pltu apungprotokol kesehatanWisata Acehwisata tsunami
Berita Terkait
  • Kamis, 06/08/2020 23:33 WIB

    54 Kasus Baru Covid-19 Bertambah di Aceh

    BANDA ACEH - Tim surveilans Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota setiap hari menelusuri orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien atau Orang Tanpa Ge

  • Sabtu, 01/08/2020 21:01 WIB

    Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

    BANDA ACEH -Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah masyarakat. Berita hoax dibagi secara berantai dan melampaui kuantitas informasi dari otoritas resmi.

  • Sabtu, 25/07/2020 17:09 WIB

    PLN Aceh dan Forum PRB Salurkan Bantuan untuk Guru Ngaji dan Masyarakat Terimbas Covid-19

    NAGAN RAYA – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh bekerjasama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh menyalurkan bantuan bahan pangan sebanyak 605 paket untuk gu

  • Rabu, 22/07/2020 17:27 WIB

    Sambut Idul Adha, Plt Gubernur Aceh Instruksikan Bupati/Walikota Terapkan Protokol Kesehatan

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menginstruksikan seluruh Bupati dan Walikota di Aceh untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

  • Rabu, 15/07/2020 17:29 WIB

    Ekspor Tanah Pozzolan dari Aceh Dihentikan karena Covid-19

    BANDA ACEH - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) Persero Cabang Malahayati Provinsi Aceh menyatakan aktivitas ekspor tanah pozzolan ke beberapa negara dari Tanah Rencong terpaksa dihentikan, selama m

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir