• Home
  • Ekonomi
  • Indonesia Konsumen Produk Halal Terbesar Dunia

Indonesia Konsumen Produk Halal Terbesar Dunia

Oleh: Redaksi
Rabu, 25/07/2018 19:52 WIB
Dibaca: 362 kali
Foto: okezone.com

JAKARTA - Indonesia menjadi negara dengan tingkat populasi masyarakat muslim terbesar di dunia dengan pangsa 12,7% dari total populasi muslim dunia. Hal ini menjadi potensi untuk Indonesia menjadi pemain utama ekonomi syariah di dunia.

Kendati demikian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, potensi ini belum dimanfaatkan dengan maksimal sehingga posisi Indonesia masih menjadi pangsa pasar atau konsumen. 

"Namun Indonesia kelihatannya lebih banyak masih menjadi konsumen, bukan menjadi pelaku utama yang menghasilkan di kancah global," ujarnya di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Tak hanya soal jumlah penduduk, menurutnya potensi yang besar juga terdapat pada berbagai kegiatan syariah di sektor keuangan dan sektor riil. Hal ini terlihat dari pangsa pengeluaran penduduk muslim di dunia pada 2016, Indonesia menyumbang 12% dari keseluruhan pengeluaran 

"Pangsa itu akan meningkat dari USD2,11 triliun menjadi lebih kurang USD3 triliun pada 2020," ujarnya. 

Darmin merinci, bila dari sisi transaksi konsumsi di industri makanan halal, pada 2016 Indonesia mencapai USD169,7 miliar atau berkontribusi 17% dari total Rp1,2 triliun secara global. Hal ini membuat Indonesia tercatat sebagai konsumen makanan halal terbesar di dunia, paling tinggi dibandingkan Turki, Pakistan, Mesir dan Bangladesh.

Adapun pada tahun 2022, pengeluaran makanan dan minuman halal global diprediksi mencapai USD1,9 triliun. Sementara pada tahun 2030, market size makanan dan minuman Indonesia diperkirakan mencapai Rp1 triliun. 

"Di sisi industri obat-obatan, kosmetik halal dan busana muslim konsumsi Indonesia terbesar kelima di global, tapi tidak termasuk lima besar sebagai produsen," katanya.

Namun, di sektor pariwisata halal, Indonesia jauh lebih baik dengan menduduki peringkat keempat di dunia dari negara anggota Organisasi Kerjasama Indonesia (OKI) dengan kunjungan turis terbanyak. Pada 2016, Indonesia dengan total transaksi wisata USD9,7 miliar dari sekitar USD169 miliar pengeluaran wisata muslim global. 

"Maka sudah sepatutnya kita mengembangkan, membangun sinergi sehingga mampu meningkatkan peran per sektor-sektor ekonomi riil syariah," ucapnya.

Sumber: okezone.com

Tag:konsumenproduk halal indonesia
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir