• Home
  • Ekonomi
  • India Minat Kembangkan Pelabuhan Transit Logistik di Sabang

India Minat Kembangkan Pelabuhan Transit Logistik di Sabang

Oleh: Redaksi
Rabu, 30/05/2018 20:20 WIB
Dibaca: 36 kali
Foto: cnnindonesia.com

JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengatakan India telah mengajukan minat untuk mengembangkan pelabuhan di Sabang. Rencananya, pelabuhan akan dimanfaatkan untuk aktivitas bongkar muat dari kapal kecil ke kapal bermuatan besar, atau biasa disebut transhipment.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan rencana pelabuhan transhipment ini bisa dimanfaatkan oleh pelayaran Eropa yang akan berlayar ke China. Dengan demikian, ada kemungkinan pelabuhan Sabang bisa melayani sebagian transhipment yang selama ini dilaksanakan di Singapura. 

Hanya saja, ia masih belum bisa menilai jumlah potensi kapasitas petikemas yang bisa dipindahkan dari Singapura. 

"Bisa jadi ke depan nanti pelayaran dari India ke China juga berpindah ke situ. Kan mereka ada perusahaan pelayaran yang mau beroperasi di Sabang," jelas Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (30/5/2018). 

Namun, ia masih belum tahu apakah India akan membangun pelabuhan baru atau mengembangkan pelabuhan yang sudah ada. Dengan demikian, dalam pertemuan bilateral India dan Indonesia di Istana Merdeka hari ini, belum ada nilai investasi yang dibahas. 

Saat ini, lokasi dermaga petikemas di Sabang terdapat di dermaga CT-1 dan CT-3 yang dikelola Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Kapasitas dermaga CT-1 diketahui bisa menampung kapal seberat 30 ribu Dead Weight Ton (DWT), sementara CT-3 bisa menampung hingga 100 ribu DWT. 

"Kalau bicara potensi, memang perdagangan antara China-India cukup besar. Tapi kalau secara kuantitatif, kami masih belum tahu," ungkap dia. 

Jika India memang serius, maka pembangunannya diharapkan bisa rampung hanya dalam dua tahun. Terlebih, kapasitas pelabuhan Sabang sebetulnya tidak sebesar Tanjung Priok. 

"Makanya Sabang itu sebetulnya bagus untuk pelabuhan dalam skala kecil. Itu yang akan kami tingkatkan," pungkas dia. 

Sebelumnya, perpindahan basis transhipment dari Singapura ke Indonesia juga diharapkan Kemenhub dengan melakukan pelayaran rute langsung (direct call) dari Indonesia ke Amerika Serikat.  

Kemenhub berharap, petikemas setara 2 Juta TEUs dari Singapura bisa berganti muatan di Tanjung Priok, utamanya muatan dari Indonesia barat yang selama ini melakukan transhipment di Singapura. 

Jika 2 juta TEUs berhasil terdongkrak, maka daya angkut di terminal Jakarta International Container Terminal (JICT) bisa tumbuh 20 persen tahun depan. 

Sumber: cnnindonesia.com

T#g:IndiaIndonesiaPelabuhanSabang
Berita Terkait
  • Jumat, 08/06/2018 17:10 WIB

    BMKG: Waspadai Angin Kencang di Sabang

    SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pengguna jasa pelayaran maupun masyarakat nelayan di Kepulauan Sabang untuk mengwaspadai potensi angin kencang dari 8 hingga 14 J

  • Rabu, 06/06/2018 21:58 WIB

    Pelabuhan Malahayati Terapkan Aplikasi Berjaringan Internet

    ACEH BESAR - Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, antara lain dengan menerapkan aplikasi berjaringan internet untuk mempermudah pengg

  • Rabu, 06/06/2018 14:23 WIB

    Bot Kandas Kena Karang, 2 Nelayan Banda Aceh Dievakuasi SAR Sabang

    SABANG - Tim Search and Rescue (SAR) Kota Sabang berhasil mengevakuasi sebuah boat nelayan asal Banda Aceh bersama dua anak buah kapal (ABK) tersebut disekitar Gua Ular, Kota Sabang, Selasa(6/6/2018).

  • Senin, 04/06/2018 18:19 WIB

    Sabang Dijajaki Punya Kebun Raya

    SABANG - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menjajaki peluang terwujudnya Kebun Raya, sehingga menjadi destinasi wisata yang baru di Kota Sabang. Kepala BPKS, S

  • Rabu, 30/05/2018 21:46 WIB

    Israel Larang Turis Indonesia Masuk ke Negaranya

    TEL AVIV - Israel melarang turis Indonesia untuk berkunjung ke negaranya. Tindakan tersebut diambil sebagai balasan atas langkah pemerintah yang tak mengizinkan warga Israel masuk ke Tanah Air. "Isra

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir