• Home
  • Ekonomi
  • Gubernur Aceh Larang Anak-anak Jadi Nelayan

Gubernur Aceh Larang Anak-anak Jadi Nelayan

Oleh: Redaksi
Jumat, 01/02/2019 20:12 WIB
Dibaca: 199 kali
Foto: Dok. Humas Pemprov Aceh

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah akan membuat skema untuk mencegah anak-anak usia sekolah bekerja termasuk melaut atau nelayan. Mereka yang masih di bawah umur diminta untuk lebih fokus belajar. 

"Anak-anak yang masih usia sekolah untuk tidak ikut mencari nafkah, bersama nelayan yang memang sudah dewasa. Karena kewajiban anak-anak usia sekolah kan sekolah dulu," kata Nova kepada wartawan, Jumat (1/2/2019). 

"Itu nanti kita cari skemanya seperti apa kita bisa mencegah anak-anak ikut mencari nafkah," jelas Nova. 

Larangan anak-anak melaut ini disampaikan Nova terkait dua anak usia di bawah umur, yakni Muhammad Akbar (15) dan Faturahman (15). Keduanya ikut bersama 14 nelayan lainnya dari Aceh Timur, Aceh. Ketika tengah mencari ikan, kapal mereka ditangkap Tentara Angkatan Laut Myanmar. 

Setelah mendekam di penjara selama dua bulan, 14 orang termasuk dua anak-anak tersebut dipulangkan ke Aceh pada Rabu 30 Januari lalu. Mereka dipulangkan karena mendapat pengampunan dari Presiden Myanmar. 

Menurut Nova, Pemerintah Aceh belum mengetahui motif kedua anak-anak tersebut ikut melaut. Hanya saja di beberapa daerah memang ada kultur anak-anak ikut keluarga mencari nafkah termasuk di laut. 

"Kita belum tahu itu faktor ekonomi atau bukan. Mungkin kultur di daerah tertentu memang usia segitu sudah ikut dengan abang-abangnya dengan pamannya. Mungkin juga kultur kan. Yang pasti secara nasional pun usia sekolah harus sekolah dulu," ungkap Nova. 

Pemerintah Aceh akan memantau anak-anak di Tanah Rencong agar tidak ada yang putus sekolah. Berbagai beasiswa akan diberikan untuk pelajar. 

"Dan beasiswa kita dari negara ada bidik misi segala macam. Di Aceh juga ada. Dari kasus ini kita sudah jelas yang usia sekolah jangan lagi ikut-ikut menjadi nelayan dia harus sekolah dulu. Nanti kita pantau melalui bupati dan dinas pendidikan kabupaten," ujar Nova.

Sumber: detik.com

Tag:gubernur acehnelayan acehnelayan anak di bawah umur
Berita Terkait
  • Senin, 07/01/2019 05:35 WIB

    599 Staf Kontrak Dirumahkan, Bagaimana Kerjaan di Kantor Gubernur Aceh?

    BANDA ACEH - 599 tenaga kontrak di Sekretariat Daerah (Setda) Aceh dirumahkan setelah kontrak mereka berakhir pada 31 Desember 2018. Jika mereka semua tidak dipanggil kembali, Pemerintah Provinsi Aceh

  • Rabu, 29/08/2018 23:41 WIB

    Perjuangan 4 Nelayan Aceh 8 Hari Ngambang di Laut dan Selamat

    BANDA ACEH - Empat nelayan asal Aceh terdampar di Thailand setelah kapal yang mereka pakai untuk melaut mengalami kerusakan. Sebelum diselamatkan, pencari ikan ini sempat terkatung-katung selama delap

  • Selasa, 07/08/2018 14:49 WIB

    Gubernur Aceh Instruksikan Imunisasi Rubela Ditunda

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menginstruksikan pelaksanaan imunisasi rubela ditunda karena vaksinnya dinyatakan kehalalannya. "Kami sudah menginstruksikan kepada D

  • Jumat, 27/07/2018 16:23 WIB

    2 Nelayan Aceh yang Diselamatkan di Thailand Dipulangkan

    BANDA ACEH - Dua nelayan asal Aceh Timur, Aceh yang diselamatkan nelayan Thailand dipulangkan ke kampung halaman. Sementara dua nelayan lagi hingga kini masih hilang setelah kapal yang mereka pakai un

  • Kamis, 26/07/2018 21:27 WIB

    KPK Ambil Sampel Suara Gubernur Aceh Terkait Kasus Suap

    JAKARTA - KPK mengambil sampel suara Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Hal itu dilakukan untuk keperluan pembuktian komunikasi Irwandi. "Tadi dilakukan pengambilan sampel suara terhadap IY (Irw

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir