• Home
  • Ekonomi
  • Ekspor Tanah Pozzolan dari Aceh Dihentikan karena Covid-19

Ekspor Tanah Pozzolan dari Aceh Dihentikan karena Covid-19

Oleh: Redaksi
Rabu, 15/07/2020 17:29 WIB
Foto: Antara

BANDA ACEH - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) Persero Cabang Malahayati Provinsi Aceh menyatakan aktivitas ekspor tanah pozzolan ke beberapa negara dari Tanah Rencong terpaksa dihentikan, selama mewabahnya pandemi COVID-19.

General Manager Pelindo I Cabang Malahayati Sam Arifin Wiwi, Selasa (14/7/2020), mengatakan aktivitas ekspor tanah pozzolan pada 2020 sudah mulai berlangsung sejak Januari lalu, dengan tujuan negara India dan Bangladesh.

"Iya dihentikan untuk sementara. Dua negara penerima ini tidak mau menerima karena tengah COVID-19 ini," kata Sam, di Aceh Besar.

Sam menjelaskan, Aceh sudah tiga tahun berlangsung melakukan ekspor tanah pozzolan. Katanya, sejak Januari hingga Maret 2020, tanah pozzolan yang diekspor melalui Pelabuhan Malahayati ini telah mencapai 80.000 ton.

Kemudian, kata Sam, karena COVID-19 sudah mulai merebak ke berbagai penjuru dunia, membuat negara tujuan ekspor tanah ini pun ikut lockdown, sehingga penerima dan pengekspor memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan ekspor.

"Tapi beberapa kali kami tanya ke pengekspor, mereka mau ekspor lagi tapi belum tahu kapan," katanya.

Tanah pozzolan ini diekspor menggunakan kapal jenis bulk carrier, yaitu Kapal MV Ying Li berbendera Panama dengan Gross Tonnage sebesar 24.953 GT dan panjang seluruhnya 181,50 m.

Kapal ini sandar di Pelabuhan Malahayati untuk melakukan kegiatan muat curah kering pozzolan dengan estimasi muatan sebanyak 28.000 ton.

Kegiatan ekspor pozzolan melalui Pelabuhan Malahayati ini rencananya akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan, dengan total estimasi mencapai 300.000 ton.

Untuk diketahui, tanah Pozzolan adalah bahan yang mengandung senyawa silika atau silika alumina dan alumina, yang tidak mempunyai sifat mengikat seperti semen.

Pozzolan dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan proses pembentukannya yaitu pozzolan alam dan pozzolan buatan. Pozzolan alam adalah bahan alam yang merupakan sedimentasi dari abu atau lava gunung berapi yang mengandung silica aktif, pozzolan alam banyak terdapat di Aceh.

Sedangkan untuk pozzolan buatan banyak jenisnya, baik merupakan sisa pembakaran dari tungku, maupun hasil pemanfaatan limbah yang diolah menjadi abu yang mengandung silica. Material pozzolan dapat digunakan sebagai material tambahan dalam campuran semen.

Sumber: Antara

Tag:covid-19covid 19ekspor tanahtanah pozzolan
Berita Terkait
  • Sabtu, 01/08/2020 21:01 WIB

    Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

    BANDA ACEH -Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah masyarakat. Berita hoax dibagi secara berantai dan melampaui kuantitas informasi dari otoritas resmi.

  • Sabtu, 25/07/2020 17:09 WIB

    PLN Aceh dan Forum PRB Salurkan Bantuan untuk Guru Ngaji dan Masyarakat Terimbas Covid-19

    NAGAN RAYA – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh bekerjasama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh menyalurkan bantuan bahan pangan sebanyak 605 paket untuk gu

  • Kamis, 09/07/2020 22:21 WIB

    Plt Gubernur Aceh Bahas Mekanisme Belajar di Sekolah Dalam Fase New Normal

    BANDA ACEH - Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memimpin rapat membahas prosedur operasional standar (POS) mekanisme proses pembelajaran tatap muka di Sekolah dalam fase new normal di Pendopo Gubernu

  • Selasa, 07/07/2020 22:03 WIB

    Bansos Covid-19 untuk Mahasiswa di Luar Aceh Sedang Diverifikasi

    BANDA ACEH - Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, mengatakan, penyaluran bantuan sosial Covid-19 oleh Pemerintah Aceh kepada mahasiswa Aceh yang kuliah di luar provinsi dan lua

  • Senin, 29/06/2020 16:50 WIB

    RSU Zainoel Abidin Tambah 24 Ruang Isolasi Pasien Covid-19

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diwakili Sekretaris Daerah Aceh dr Taqwallah MKes meresmikan pengoperasian 24 ruang isolasi tambahan untuk penanganan pasien Covid-19 di Rum

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir