• Home
  • Ekonomi
  • Distan Aceh Utara Larang Penyebaran Benih Padi IF8

Distan Aceh Utara Larang Penyebaran Benih Padi IF8

Oleh: Redaksi
Selasa, 02/07/2019 15:53 WIB
Dibaca: 115 kali
Foto: pontas.id

ACEH UTARA - Sejumlah petani di Baktiya, Aceh Utara, mengakui keunggulan tanaman padi varietas IF8, namun benih padi yang berhasil dikembangkan BUMDes milik petani Gampong Menasa Rayek, Nisam, itu dilarang diedarkan oleh dinas pertanian setempat.

Tanaman padi IF8 tumbuh subur di lahan petani Gampong Alue Dama, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara. Menurut Kades Banta Sulaiman, penyebaran benih padi jenis IF8 hasil inovasi petani Rumoh Rayek, Nisam. Hal itu berdasarkan kesepakatan bersama pada acara Bursa Inovasi Desa, Kabupaten Aceh Utara, akhir 2018 lalu.

Pada pertengahan Juni 2019, Dinas Pertanian (Distan) Aceh Utara melarang penyebaran benih IF8. Namun petani Alue Dama telah terlanjur menanam varietas tersebut, sampai 90 persen dari 75 hektare luas sawah.

Muhammad Hasan,51, merupakan salah seorang petani yang menanam IF8. Menurutnya, tanaman padinya lebih mudah tumbuh meskipun kekurangan air. Selain itu, daun lebih rapi tidak berserakan di bagian bawah batang padi.

“Biasanya, banyak daun berwarna kuning berserakan di bagian batang padi. Ternyata, daun IF8 pada bagian bawah tetap hijau dan tidak berserakan,” katanya, Senin (1/7/2019).

Selain itu, batang padi lebih mudah berkembang. Sehingga anakan padi lebih banyak dari biasanya. Kondisi tersebut dinilai akan menguntungkan petani.

“Tapi kita harus menunggu masa panen, agar bisa membuktikan hasilnya,” sebut petani lainnya.

Sementara Agusnadi, petani Pucok Alue, Baktiya, juga mengungkapkan pengalamannya menanam IF8. Menurut dia, varietas ini lebih tahan penyakit jamur.

“Jamur membahayakan tanaman padi, tapi sekarang tidak lagi diserang jamur,” jelasnya. Selain itu, perawatannya juga tidak sukar.

Distan Kabupaten Aceh Utara melarang penyaluran dan penggunaan benih padi IF8 dengan alasan belum memiliki sertifikat dan izin untuk disebarluaskan di daerah tersebut.

“Ya, memang IF8 bagus, tapi tidak berlabel, sehingga belum bisa disebarkan,” jelas Kepala Bidang Tanaman Pangan Distan Aceh Utara, Abdul Jalil. 

Sumber: waspadaaceh.com

Tag:Aceh Utarabenih if8benih padi
Berita Terkait
  • Senin, 08/07/2019 19:58 WIB

    Apes, Keuchik di AcehUtara Hilang Uang Rp62 Juta yang Disimpan di Jok Vario

    ACEH UTARA - Keuchik (kepala desa) Gampong Matang Mane, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Rizwan Taib (42) mengaku kehilangan uang Rp62 juta lebih, setelah uang desa itu saat diletakkan

  • Selasa, 25/06/2019 22:13 WIB

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Tahanan Kabur Rutan Lhoksukon

    ACEH UTARA - Penyidik Polres Aceh Utara menetapkan empat tersangka terkait kasus kaburnya narapidana dan tahanan Rutan Lhoksukon yang terjadi Ahad (16/6/2019) lalu.Empat tersangka itu masing-masing be

  • Senin, 24/06/2019 19:02 WIB

    Tiga Nelayan Aceh Timur Ditemukan Selamat di Laut Seunuddon

    ACEH UTARA - Tiga nelayan tradisional asal Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan selamat di perairan Aceh Utara setelah ketiganya terombang-ambing di tengah laut kar

  • Kamis, 16/05/2019 23:21 WIB

    Senjata Api Pengusaha Asal Jakarta Digondol Maling di Lhoksukon

    ACEH UTARA - Azuarsyah (49), direktur utama sebuah perusahan di Jakarta mengaku kehilangan senjata api jenis pistol dan dompetnya, setelah kaca mobil Mercedes Benz ditumpanginya dibobol maling di kawa

  • Minggu, 12/05/2019 17:06 WIB

    Dimediasi Polisi, Kasus Video Viral Peminta Sumbangan Mengamuk Berakhir Damai

    ACEH UTARA - Tim Polsek Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara memediasi pertemuan antara antara Kepala Indomaret Cabang Medan dan Jafar Quba, Ketua Remaja Masjid Al Khalifah Ibrahim, Matangkuli, Aceh Utara

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir