• Home
  • Ekonomi
  • Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Oleh: Redaksi
Rabu, 02/01/2019 10:32 WIB
Dibaca: 129 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

LHOKSEUMAWE - Untuk menjaga stabilitas harga komoditi cabe tetap stabil di pasaran, di Aceh perlu dibangun pabrik saus agar hasil produksi cabe petani tidak anjlok.

"Apabila sedang produksi cabai merah seperti sekarang, harganya anjlok di pasaran. Kondisi tersebut sangat disayangkan petani yang terus merugi akibat rendahnya harga jual cabe merah," ungkap Munir pedagang grosir cabe merah di Lhokseumawe. 

Sebutnya, sudah sebulan lebih harga cabai merah anjlok. Bahkan harga salah satu komoditi barang kebutuhan strategis itu, bertahan dengan harga Rp 15 ribu / Kg, yang dijual pedagang kepada pembeli dipasar. 

"Sementara pasokan cabe merah dari berbagai daerah produksi terus berdatangan. Seperti dari Pidie, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Utara. Dimana saat ini di sejumlah daerah tersebut sedang panen cabe dan hampir selalu ada pasokan," ujar Munir. 

Lanjutnya, melimpahnya pasokan cabe merah lokal tersebut, membuat pasaran cabe merah sangat terbatas di pasar lokal dan hanya mampu untuk konsumsi lokal saja. Sementara untuk dikirim keluar daerah seperti ke Sumatera Utara, juga tidak memungkinkan karena pasokan dari daerah setempat juga banyak, kata pedagang grosir cabe merah. 

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan olehnya, untuk mengimbangi produksi cabe oleh petani, perlu adanya pabrik saus yang dapat menampung cabe petani di Aceh. karena setahu dirinya, di Aceh belum ada pabrik saus. 

"Apabila ada investor atau pihak yang mau membuat pabrik saus di Aceh, harga cabe petani akan cenderung stabil terutama saat musim panen seperti sekarang. selain itu, kebutuhan saus juga tinggi untuk saat sekarang," jelas Munir. 

Sementara untuk bahan baku cabe dipastikan akan selalu tercukupi. Karena untuk produksi cabe merah daerah yang selalu ada pasokannya berasal dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan dari Kabupaten Pidie, pungkas pedagang cabe merah itu lagi.

Sumber: Antara

Tag:harga cabeLhokseumawepabrik saus
Berita Terkait
  • Rabu, 17/07/2019 15:40 WIB

    Sebar Hoax, 2 Pria dan 1 Wanita Ditangkap Tim Pores Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Polisi menangkap tiga pria yang diduga menyebarkan kabar bohong (hoax) terkait kasus pencabulan oleh pimpinan pesantren di Lhokseumawe, terhadap murid yang masih anak-anak. Dalam unggaha

  • Jumat, 05/07/2019 11:04 WIB

    Gelaran Liga Sepakbola Putri di Lhokseumawe Ditolak Ormas Islam

    LHOKSEUMAWE - Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan Pengawal Syariat Islam Kota Lhokseumawe mengecam penyelenggaraan sepakbola putri Liga Kemenpora beberapa waktu lalu di Lh

  • Senin, 01/07/2019 19:52 WIB

    Pencuri Uang Bank Mandiri Syariah Karyawan Sendiri

    LHOKSEUMAWE - Satreskrim Polres Lhokseumawe akhirnya berhasil mengungkap tuntas misteri kasus pencurian uang kas Kantor Bank Mandiri Syariah Komplek PT. PAG di Batuphat Timur, Muara Satu, dan mengaman

  • Rabu, 26/06/2019 18:53 WIB

    Kantor Kas Bank Mandiri Syariah di Lhokseumawe Dibobol Maling

    LHOKSEUMAWE - Kantor Kas Bank Mandiri Syariah yang ada di Komplek Perumahan Perta Arun Gas, Gampong Batuphat, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe dibobol maling. Akibatnya, uang senilai Rp 19 juta

  • Selasa, 25/06/2019 18:59 WIB

    Warga Grebek Salon di Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Anak bawah umur diduga kerab menjadi korban jual-beli oleh mucikari yang ngepos di salah satu salon di Pasar Buah Kota Lhokseumawe. Hal ini terungkap setelah warga Pusong melakukan pengg

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir