• Home
  • Ekonomi
  • Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Oleh: Redaksi
Rabu, 02/01/2019 10:32 WIB
Dibaca: 38 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

LHOKSEUMAWE - Untuk menjaga stabilitas harga komoditi cabe tetap stabil di pasaran, di Aceh perlu dibangun pabrik saus agar hasil produksi cabe petani tidak anjlok.

"Apabila sedang produksi cabai merah seperti sekarang, harganya anjlok di pasaran. Kondisi tersebut sangat disayangkan petani yang terus merugi akibat rendahnya harga jual cabe merah," ungkap Munir pedagang grosir cabe merah di Lhokseumawe. 

Sebutnya, sudah sebulan lebih harga cabai merah anjlok. Bahkan harga salah satu komoditi barang kebutuhan strategis itu, bertahan dengan harga Rp 15 ribu / Kg, yang dijual pedagang kepada pembeli dipasar. 

"Sementara pasokan cabe merah dari berbagai daerah produksi terus berdatangan. Seperti dari Pidie, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Utara. Dimana saat ini di sejumlah daerah tersebut sedang panen cabe dan hampir selalu ada pasokan," ujar Munir. 

Lanjutnya, melimpahnya pasokan cabe merah lokal tersebut, membuat pasaran cabe merah sangat terbatas di pasar lokal dan hanya mampu untuk konsumsi lokal saja. Sementara untuk dikirim keluar daerah seperti ke Sumatera Utara, juga tidak memungkinkan karena pasokan dari daerah setempat juga banyak, kata pedagang grosir cabe merah. 

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan olehnya, untuk mengimbangi produksi cabe oleh petani, perlu adanya pabrik saus yang dapat menampung cabe petani di Aceh. karena setahu dirinya, di Aceh belum ada pabrik saus. 

"Apabila ada investor atau pihak yang mau membuat pabrik saus di Aceh, harga cabe petani akan cenderung stabil terutama saat musim panen seperti sekarang. selain itu, kebutuhan saus juga tinggi untuk saat sekarang," jelas Munir. 

Sementara untuk bahan baku cabe dipastikan akan selalu tercukupi. Karena untuk produksi cabe merah daerah yang selalu ada pasokannya berasal dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan dari Kabupaten Pidie, pungkas pedagang cabe merah itu lagi.

Sumber: Antara

Tag:harga cabeLhokseumawepabrik saus
Berita Terkait
  • Sabtu, 19/01/2019 21:37 WIB

    Lagi, Napi LP Lhokseumawe Kabur dengan Naik Dinding

    LHOKSEUMAWE - Randa Saputra (30) narapidana kasus narkotika dan obat terlarang dilaporkan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A, Kota Lhokseumawe, Jumat (19/1/2019). Kepala Bagian Opera

  • Sabtu, 12/01/2019 13:45 WIB

    Dermaga Bongkar-Muat Ikan di TPI Pusong Lhokseumawe Ambruk

    LHOKSEUMAWE - Dermaga bongkar-muat ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, Aceh, ambruk akibat longsor. Dua becak kayu pengangkut ikan terperosok ke pinggir laut.  "Kejadiann

  • Jumat, 07/09/2018 18:57 WIB

    Jual Wanita Aceh Jadi PSK di Malaysia, Rena Ditangkap

    LHOKSEUMAWE - Polisi menangkap wanita pelaku tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Lhokseumawe, Aceh. Pelaku mengimingi korban bekerja di restoran malah disekap, namun kenyataannya malah dijadikan

  • Rabu, 22/08/2018 11:37 WIB

    Warga Banglades ditangkap di Aceh Utara

    ACEH UTARA - Seorang warga negara asing (WNA) asal Banglades ditangkap petugas Imigrasi Kelas II Lhokseumawe di kawasan Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, karena tidak memiliki dokumen keimig

  • Selasa, 21/08/2018 20:18 WIB

    BI Lhokseumawe Serahkan Bantuan untuk Pondok Yatim

    LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Lhokseumawe menyalurkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Yayasan PKPU Pondok Yatim Ar-Raudhah. Penyerahan bantuan dilakukan d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir