• Home
  • Ekonomi
  • Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Aceh Butuh Pabrik Saus agar Harga Cabai Stabil

Oleh: Redaksi
Rabu, 02/01/2019 10:32 WIB
Dibaca: 101 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

LHOKSEUMAWE - Untuk menjaga stabilitas harga komoditi cabe tetap stabil di pasaran, di Aceh perlu dibangun pabrik saus agar hasil produksi cabe petani tidak anjlok.

"Apabila sedang produksi cabai merah seperti sekarang, harganya anjlok di pasaran. Kondisi tersebut sangat disayangkan petani yang terus merugi akibat rendahnya harga jual cabe merah," ungkap Munir pedagang grosir cabe merah di Lhokseumawe. 

Sebutnya, sudah sebulan lebih harga cabai merah anjlok. Bahkan harga salah satu komoditi barang kebutuhan strategis itu, bertahan dengan harga Rp 15 ribu / Kg, yang dijual pedagang kepada pembeli dipasar. 

"Sementara pasokan cabe merah dari berbagai daerah produksi terus berdatangan. Seperti dari Pidie, Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Utara. Dimana saat ini di sejumlah daerah tersebut sedang panen cabe dan hampir selalu ada pasokan," ujar Munir. 

Lanjutnya, melimpahnya pasokan cabe merah lokal tersebut, membuat pasaran cabe merah sangat terbatas di pasar lokal dan hanya mampu untuk konsumsi lokal saja. Sementara untuk dikirim keluar daerah seperti ke Sumatera Utara, juga tidak memungkinkan karena pasokan dari daerah setempat juga banyak, kata pedagang grosir cabe merah. 

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan olehnya, untuk mengimbangi produksi cabe oleh petani, perlu adanya pabrik saus yang dapat menampung cabe petani di Aceh. karena setahu dirinya, di Aceh belum ada pabrik saus. 

"Apabila ada investor atau pihak yang mau membuat pabrik saus di Aceh, harga cabe petani akan cenderung stabil terutama saat musim panen seperti sekarang. selain itu, kebutuhan saus juga tinggi untuk saat sekarang," jelas Munir. 

Sementara untuk bahan baku cabe dipastikan akan selalu tercukupi. Karena untuk produksi cabe merah daerah yang selalu ada pasokannya berasal dari Aceh Tengah, Bener Meriah dan dari Kabupaten Pidie, pungkas pedagang cabe merah itu lagi.

Sumber: Antara

Tag:harga cabeLhokseumawepabrik saus
Berita Terkait
  • Kamis, 18/04/2019 16:34 WIB

    Pengakuan Bocah yang Picu Massa Geruduk Pos TNI AL Pusong

    LHOKSEUMAWE - Massa di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, menggeruduk Pos TNI AL Pusong karena kabar ada bocah dipukul oknum tentara. Ini pengakuan si bocah. "Saya bersama teman-teman

  • Sabtu, 30/03/2019 17:07 WIB

    Waduk Lhokseumawe Keluarkan Bau Tak Sedap

    LHOKSEUMAWE - Kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya terus menjadi momok bagi setiap daerah di Indonesia. Setiap hari, sampah dibuang sembarangan tanpa memikirkan pencemaran lin

  • Jumat, 15/03/2019 19:12 WIB

    Rumah Warga Lhokseumawe Kini Tersambung Jaringan Gas

    LHOKSEUMAWE - Pemanfaatan jaringan gas rumah tangga terus dikembangkan oleh pemerintah di wilayah Sumatera. Termasuk Kota Lhokseumawe di Aceh Penantian warga yang selama ini ingin hidup lebih hema

  • Selasa, 05/03/2019 16:38 WIB

    Tiada Biaya, Gadis Penghapal 20 Juz Quran Terpaksa Berhenti Kuliah

    LHOKSEUMAWE - Cut Winda Sari (18), warga Desa Ujong Blang, Kecamatan Sakti, Kota Lhokseumawe, tersenyum saat menerima kedatangan sejumlah wartawan ke rumahnya, Selasa (5/3/2019). Anak kedua pasangan

  • Rabu, 27/02/2019 17:49 WIB

    9.000 Segel Kotak Suara Pemilu di Lhokseumawe Rusak

    LHOKSEUMAWE - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih/Panwaslu) Kota Lhokseumawe menyatakan telah menerima 48.476 segel kotak suara--dari total kebutuhan 56.678 lembar. Namun, setelah dicek, ditemukan 9

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir