• Home
  • EKONOMI
  • 39 Ribu Tenaga Kesehatan PTT Lolos CPNS, NIP Terbit 1 Maret

39 Ribu Tenaga Kesehatan PTT Lolos CPNS, NIP Terbit 1 Maret

Oleh: Redaksi
Rabu, 22/02/2017 10:04 WIB
Dibaca: 86 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

JAKARTA - Sebanyak 39.090 orang tenaga kesehatan pegawai tidak tetap (PTT) Kemenkes diangkat menjadi CPNS. Rencananya nomor induk pegawai (NIP) mereka keluar 1 Maret depan.

Awalnya jumlah tenaga kesehatan PTT yang mengikuti seleksi berbasis computer assisted test (CAT) berjumlah 42 ribu orang lebih. Namun setelah diverifikasi, khususnya dari sisi usia dan kompetensi, dinyatakan 39.090 orang yang lolos menjadi CPNS baru.

Perinciannya adalah 863 orang dokter umum, 418 orang dokter gigi, dan 37.815 orang bidan.

Sekjen Kemenkes Untung Seseno Sutarjo mengatakan tenaga kesehatan PTT semula adalah pegawai kontrak Kemenkes. Nah setelah pengangkatan ini, status mereka menjadi CPNS kabupaten, kota, dan provinsi.

’’Mereka tersebar di 475 kabupaten dan kota, serta ada di tiga provinsi,’’ katanya kemarin (21/2/2017).

Kabupaten atau kota yang mendapatkan CPNS tenaga kesehatan itu antara lain Kota Surabaya, Kabupaten Jember, Kabupaten Manokwari, dan Kabupaten Alor. Sementara tiga provinsi yang mendapatkan alokasi tenaga kesehatan PTT itu adalah Riau, Aceh, dan Lampung.

Untung menjelaskan secara administrasi seluruh tenaga kesehatan PTT yang telah lolos seleksi CAT itu sudah memenuhi syarat menjadi CPNS. Namun secara formal, keputusan penerbitan NIP dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dia berharap tidak lama lagi NIP sudah keluar dan para tenaga kesehatan itu bisa langsung bekerja. ’’Target pemerintah NIP sudah bisa keluar 1 Maret,’’ jelasnya.

Untung berharap seluruh tenaga kesehatan PTT yang diangkat jadi CPNS itu tidak buru-buru pindah bekerja. Dia berharap dalam beberapa tahun, mereka tetap bekerja di instansi tempat mengabdi menjadi PTT selama ini.

Untung mengatakan jika mereka dipindah, otomatis di unit layanan kesehatan akan mengalami kekurangan tenaga kesehatan lagi. Ujungnya pemerintah akan mengangkat PTT lagi, yang bisa membuat persoalan lagi.

Dia berharap kepada seluruh kepala daerah, untuk tidak memutasi seluruh mantan tenaga kesehatan PTT itu.

Menteri PAN-RB Asman Abnur berpesan kepada seluruh bupati, walikota, serta gubernur untuk menjalankan arahan dari Kemenkes itu.

’’Dalam waktu yang cukup lama, biarkan tenaga kesehatan ini untuk mengisi tempat kerja selama ini,’’ tuturnya.

Asman mengatakan pengangkatan tenaga kesehatan PTT itu sudah melalui analisis beban kerja (ABK) dan analisis jabatan (anjab). Sehingga pengangkatannya memang dibutuhkan untuk pelayanan publik.

Dia berharap seluruh tenaga kesehatan yang diangkat menjadi CPNS tidak mengendurkan kinerjanya dibandingkan saat masih berstatus PTT. Proses penetapan dari CPNS menjadi PNS diserahkan kepada instansi masing-masing.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto menuturkan proses pengurusan NIP dilakukan di kantor pusat dan kantor regional BKN. Dia menjelaskan akan mengejar target penetapan NIP pada 1 Maret 2017.

Aris menjelaskan BKN tetap harus melakukan verifikasi seluruh tenaga kesehatan PTT yang diangkat jadi CPNS.

’’Diantaranya kita verifikasi usianya. Apakah masih memenuhi kriteria diangkat menjadi CPNS,’’ jelasnya.

Aris mengatakan syarat menjadi CPNS untuk para tenaga kesehatan itu tetap maksimal 35 tahun.

Aris berharap untuk kelancaran penerbitan NIP itu, kantor regional BKN segera berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

 

Sumber: jpnn.com

T#g:CNSHonorerPNS
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Kamis, 18/05/2017 11:27 WIB

    Ini Jam Kerja PNS Selama Ramadan 2017

    JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penyesuaian jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Jadwal

  • Senin, 20/03/2017 15:21 WIB

    Berkeliaran saat Jam Kerja, 9 PNS Aceh Tamiang Dijaring Satpol PP

    ACEH TAMIANG - Ada Sembilan pegawai negeri sipil (PNS) dari berbagai instansi di Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang dijaring petugas Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH) karena berkeliaran di luar

  • Jumat, 17/03/2017 13:51 WIB

    Bidan PTT Usia Lebih 35 Tahun Tolak jadi PPPK

    JAKARTA - Forum Bidan PTT Indonesia mengadukan nasibnya ke Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI). Delegasi yang dipimpin Bidan Zubaedah‎ ini membawa serta pengurus Forum Bidan PTT dari

  • Kamis, 09/03/2017 18:15 WIB

    Hanya 15 Persen Dana BOS untuk Gaji Guru Honorer

    JAKARTA - Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan dana BOS tidak boleh digunakan sepenuhnya untuk membayar gaji guru honorer. Pasalnya, banyak sekolah menggunakan

  • Minggu, 05/03/2017 19:46 WIB

    Keadaan Ini Bikin Indonesia Terlambat Meningkatkan SDM

    JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Adang Sudrajat menilai Indonesia saat ini belum memiliki kebijakan bidang ketenagakerjaan yang ideal dan bagus untuk diterapkan. Keadaan ini menjadikan Indonesia men

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir