• Home
  • Ekonomi
  • 3 Kecamatan di Bener Meriah Kembangkan Budidaya Nilam

3 Kecamatan di Bener Meriah Kembangkan Budidaya Nilam

Oleh: Redaksi
Jumat, 25/10/2019 18:02 WIB
Dibaca: 134 kali
Foto: Antara

BENER MERIAH - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah saat ini mulai melirik prospek budidaya tanaman nilam untuk dikembangkan di daerah itu, khususnya terhadap wilayah-wilayah yang selama ini tidak cocok untuk budidaya tanaman kopi.

Bupati Bener Meriah, Sarkawi dalam diskusi prospek budidaya nilam bersama pihak terkait di Oproom setdakab setempat, Jumat (25/10/201), mengatakan ada tiga kecamatan di daerah itu yang dinilai potensial untuk pengembangan budidaya nilam.

"Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kecamatan Mesidah, dan Kecamatan Syiah Utama. Ini adalah kecamatan-kecamatan yang cukup potensial untuk penanaman nilam dan tidak baik untuk tanaman kopi," kata Sarkawi.

Menurutnya, budidaya tanaman nilam sebenarnya sudah pernah ada di Bener Meriah sejak lama, khususnya di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Di wilayah ini pula, kata Sarkawi, budidaya tanaman kopi sebagai komoditi unggulan pertanian di sana tidak dapat tumbuh dengan baik, sehingga dinilai akan lebih potensial untuk pengembangan budidaya nilam.

"Produk nilam sebetulnya sudah ada sejak lama di Dataran Tinggi Gayo. Puluhan tahun lalu, khususnya di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, tepatnya di Km 40. Itu sudah lama dikenal sebagai tempat produksi nilam di Bener Meriah," tutur Sarkawi.

Sarkawi menjelaskan budidaya nilam di wilayah kecamatan tersebut akhirnya ditinggalkan saat konflik Aceh berkecamuk.

"Ketika reformasi bergulir dan konflik Aceh ketika itu, harga pasar menurun, sehingga tanaman ini agak tertinggal," sebut Sarkawi.

Dia berharap budidaya tanaman nilam kedepannya dapat menjadi salah satu unggulan pertanian di sana selain kopi, sehingga dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sana.

Karena menurut Sarkawi, khusus untuk wilayah-wilayah yang tidak cocok bagi budidaya tanaman kopi di daerah itu, selama ini belum dapat maksimal menghasilkan produk pertanian yang potensial.

"Oleh sebab itu kita berusaha mencarikan solusi untuk masyarakat setempat, agar mereka bisa bersaing dan bersanding dengan saudara-saudara mereka yang ada di kecamatan lain dalam Kabupaten Bener Meriah," ujarnya.

Sumber: Antara

Tag:Bener Meriahbudidaya nilam
Berita Terkait
  • Senin, 18/05/2020 21:37 WIB

    Pasca Banjir di Bener Meriah, TNI dan Polri Salurkan Bantuan ke Dusun Bakongan

    BENER MERIAH - Jajaran Polres Bener Meriah bersama personel TNI dari Kodim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah menyalurkan bantuan Sembako kepada warga Dusun Bakongan Baru, Kampung Wih Tenang Toa, Kecamatan

  • Minggu, 19/04/2020 21:09 WIB

    Gegara Virus Corona, Penumpang di Bandara Rembele Sepi Banget

    BENER MERIAH - Arus penumpang di Bandara Rembele Bener Meriah turun dratis sejak virus corona (Covid-19) menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala

  • Selasa, 24/03/2020 23:38 WIB

    ODP Virus Corona di Bener Meriah Bertambah Jadi 15 Orang

    BENER MERIAH - Orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 di Kabupaten Bener Meriah bertambah 9 orang sehingga total menjadi 15 orang.Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Be

  • Kamis, 19/03/2020 15:53 WIB

    Oknum Guru di Bener Meriah Terlibat Penipuan CPNS

    BANDA ACEH - Personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menangkap seorang guru karena diduga terlibat penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan kerugian puluhan juta rupiah. Kapol

  • Sabtu, 23/11/2019 20:42 WIB

    Festival Guel dan Fiesta Panen Kopi jadi Agenda Penutup GAMI Festival 2019

    BENER MERIAH - Terkenal dengan dataran tinggi serta sebagai penghasil kopi, kali ini Kabupaten Bener Meriah menjadi tuan rumah dari rangkaian agenda Gayo Alas Mountain (GAMI) Festival 2019 dengan dihe

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir