• Home
  • Ekonomi
  • 100 Orang Kaya di RI, Umat Islam Hanya 10 Persennya Saja

100 Orang Kaya di RI, Umat Islam Hanya 10 Persennya Saja

Oleh: Redaksi
Sabtu, 28/07/2018 15:33 WIB
Dibaca: 432 kali
Foto: ilustrasi/google.com

LAMPUNG - Dalam sambutannya di pembukaan Rakernas Tarbiyah Islamiyah di Lampung, Sabtu (28/7), Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat menyinggung masih adanya ketimpangan di antara umat Islam.  

Jusuf Kalla menuturkan, berdasarkan pengamatannya dari 100 orang kaya di Indonesia, umat Islam hanyalah 10 persennya saja. Namun Jusuf Kalla tak merinci statistik mana yang dimaksud.

"Kalau kita melihat statistik selalu mengkhawatirkan, kalau ada 100 orang kaya di Indonesia, tidak lebih dari 10 orang umat di situ," kata Jusuf Kalla di Hotel Swiss Bell Hotel, Bandar Lampug.

Sebaliknya, jika ada 100 orang miskin, Jusuf Kalla mengatakan ada 90 persen umat yang mendominasi. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengurangi kesenjangan diperlukan adanya semangat kerja yang besar umat Islam.

"Tapi kalau ada 100 orang miskin, 90 persen yang miskin itu adalah umat. Artinya Ada kesenjangan. Kesenjangan itu harus diatasi dengan semangat kerja bukan demonstrasi, merusak tapi semangat kerja besar," ujar Jusuf Kalla lagi.

Jika perekonomian umat naik, Jusuf Kalla mengatakan, masyarakat bisa berkontribusi dalam memberikan zakat kepada orang yang tak mampu. Selain zakat, meningkatnya perekonomian umat juga mempengaruhi kemampuan orang untuk pergi ibadah haji.  

"Kalau kita bilang unsur dari umat Islam, rukun Islam ialah zakat dan haji. keduanya itu hanya dapat diberikan jika banyak orang mampu. Tidak mungkin mengeluarkan zakat yang banyak kalau kemampuan kurang. Begitu juga naik haji," kata Jusuf Kalla.

"Ini juga merupakan suatu syarat untuk kita semua mengembangkan prinsip-prinsip rukun Islam, orang yang bayar zakat, orang yang naik haji, kalau salam tentu di manapun, syahadat cukup satu kali, tapi berzakat dan haji hanya dapat dilakukan bagi orang yang mampu," ujarnya.

Sumber: kumparan.com

Tag:ekonomi umatjusuf kallaorang kaya islamumat islam
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir