• Home
  • Edukasi
  • Unsyiah Gelar Forum Inovasi dan Bisnis Klaster Nilam

Unsyiah Gelar Forum Inovasi dan Bisnis Klaster Nilam

Oleh: Redaksi
Selasa, 01/10/2019 07:45 WIB
Dibaca: 145 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala melaui Atsiri Research Center (ARC) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti menyelenggarakan Forum Inovasi dan Bisnis Klaster Nilam.

Ketua ARC Unsyiah Dr Syaifullah Muhammad di Darussalam, Banda Aceh, Senin (30/9/2019)mengatakan, forum ini menghadirkan sejumlah pihak yang terlibat dalam upaya mengembangkan industri nilam di Aceh.

“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat menjawab beberapa persoalan penting terkait industri nilam, karena pada awalnya nilam Aceh bisa memasok sampai 70 persen pasar dunia, namun kini hanya tinggal 10 persen, sesuai data dari ADB” katanya.

Ia menjelaskan forum menghadirkan pembicara utama Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr. Jumain Appe dengan materi Pengembangan Komoditi Unggulan Daerah Melalui Klaster Inovasi untuk Penguatan Ekonomi Masyarakat.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kerja keras ARC Unsyiah yang selama ini telah terlibat aktif dalam upaya pengembangan industri nilam di Aceh.

“Sejumlah inovasi dari para peneliti Unsyiah, telah mampu meningkatkan kualitas nilam Aceh menjadi lebih baik,” katanya.

Bupati Aceh Jaya Irfan TB juga menyampaikan apresiasi atas kepercayaan ARC Unsyiah dan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti yang telah menunjuk Aceh Jaya sebagai daerah Kluster Inovasi Nilam.

“Aceh Jaya juga telah siap untuk melakukan aktivitas ekspor setelah pelabuhan di kabupaten tersebut telah dibangun lebih baik,” katanya.

Dr. Ir. Jumain Appe menjelaskan dalam konteks pembangunan daerah, strategi pembangunan difokuskan kepada penggarapan bisnis unggulan baru dengan mengembangkan potensi bisnis yang berbasis pada Produk Unggulan Daerah (PUD).

Berbagai macam PUD yang bisa dikembangkan antara lain komoditas pertanian, perkebunan, kehutanan, hortikultura hingga industri kreatif. Ia menjelaskan Klaster Inovasi Berbasis PUD merupakan entitas bisnis kolaboratif yang melibatkan berbagai stakeholder inovasi, khususnya pemerintah daerah, perguruan tinggi, badan usaha dan masyarakat.

Sumber: Antara

Tag:forum nilamnilam acehUnsyiah
Berita Terkait
  • Rabu, 06/05/2020 20:39 WIB

    Unsyiah Ambil Sumpah 23 Dokter Gigi Secara Daring

    BANDA ACEH - Sebanyak 23 Dokter Gigi baru dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala dilantik dan diambil sumpahnya secara daring. Pelantikan tersebut dipimpin langsung Dekan FKG Unsyia

  • Sabtu, 25/04/2020 08:33 WIB

    Ini Keren, 5 Program Studi di FT Unsyiah Raih Akreditasi Internasional

    BANDA ACEH - Sebanyak lima program studi di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berhasil meraih akreditasi internasional, yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Educa

  • Selasa, 21/04/2020 19:39 WIB

    Cegah Virus Corona, FKG Unsyiah Salurkan Donasi Alat Pelindung Diri

    BANDA ACEH - Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala membuka donasi untuk membantu tenaga kesehatan melengkapi alat pelindung diri (APD) saat menghadapi Covid-19. Donasi ter

  • Selasa, 21/04/2020 15:09 WIB

    Dosen Unsyiah Divonis 3 Bulan Penjara karena Pencemaran Nama Baik

    BANDA ACEH - Dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Saiful Mahdi divonis tiga bulan penjara karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik di media sosial. Vonis

  • Sabtu, 11/04/2020 11:21 WIB

    Atasi Minimnya APD, Alumni Teknik Elektro Unsyiah Sumbang Perlengkapan Wajib Paramedis

    BANDA ACEH - Di tengah minimnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, Ikatan Alumni Teknik Elektro (Ikatektro) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyumbang 6.080 perlengkapan wajib yang diguna

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir