• Home
  • Edukasi
  • UTU Sesuaikan Kurikulum Berbasis Industri 4.0

UTU Sesuaikan Kurikulum Berbasis Industri 4.0

Oleh: Redaksi
Kamis, 09/05/2019 22:06 WIB
Dibaca: 119 kali
Foto: google.com

ACEH BARAT - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Teuku Umar (Fisipol - UTU) Kabupaten Aceh Barat, melakukan pengembangan kurikulum muatan lokal agar menghasilkan lulusan yang siap mengisi peluang kerja era revolusi industri 4.0.

Dekan Fisip UTU, Basri di Meulaboh, Kamis (9/5/2019) mengatakan, penyesuaian kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di kampus tersebut tetap sejalan dengan core product kampus yakni agro and marine industry.

"Harapan kita nantinya adalah lulusan Prodi Ilmu Komunikasi sesuai dengan core product yakni agro and marine industry," katanya di sela - sela kegiatan lokakarya peninjauan kembali kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UTU.

Lokakarya tersebut dimaksudkan, untuk menyesuaikan kurikulum dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), menghadirkan pakar penyusun kurikulum dari Universitas Padjadjaran UNpad, Dr Drs Atwar Bajari, M.Si.

Basri, menyampaikan, dengan adanya peninjauan kurikulum yang digunakan selama ini, maka akan terbuka strategi baru prodi Ilmu Komunikasi dalam menghasilkan lulusannya yang mampu mengisi pasar lapangan kerja.

Sementara itu Atwar Bajari, dalam pemaparannya menyampaikan, kurikulum yang selama ini masih digunakan oleh perguruan tinggi tersebut, masih ada beberapa yang butuh penyempurnaan agar sasaran core product dimakdkan benar - benar terukur.

Atwar Bajari, berkata, untuk menyesuaikan dengan kurikulum nasional dibutuhkan semua kesiapan, bukan hanya dari kalangan mahasiswa, tetapi juga dari sumber daya manusia tenaga pengajar atau dosen yang berkualifikasi.

"Ketika disesuaikan, akan ada mata kuliah yang dileburkan, kemudian dibutuhkan dosen yang mampu mengisi mata palajaran baru sesuai dengan kearifan lokal. Muatan lokal sangat penting sebagai sasaran pasar lulusan perguruan tinggi," imbuhnya.

Kata dia, kurikulum di perguruan tinggi di Indonesia sudah banyak yang menyesuaikan dengan industri 4.0, dengan menambah muatan lokal berbasis kebutuhan pasar dan sistem penyajian mata kuliah yang terukur dengan output dari ilmu yang didapatkan. 

Sumber: Antara

Tag:aceh beratUniversitas Teuku Umarutu
Berita Terkait
  • Jumat, 09/08/2019 11:11 WIB

    MK Perintahkan Hitung Ulang di Peureulak Timur

    JAKARTA - Mahkamah Konstitusi memerintahkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur untuk melakukan penghitungan suara ulang di Kecamatan Peureulak Timur karena terdapat sejumlah versi perolehan

  • Jumat, 05/07/2019 17:51 WIB

    Terkait Proyek, PN Sigli Hukum Mantan Kadisparbudpora Pidie

    PIDIE - Pengadilan Negeri Sigli mengabulkan gugatan CV. Aleng Jaya terhadap Bupati Pidie c/q Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pidie terkait tindakan Drs Arifin, mantan

  • Senin, 01/07/2019 11:44 WIB

    STIKIP Bina Bangsa Getsempena Tawarkan Beasiswa buat Youtuber

    BANDA ACEH - Kampus swasta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena (STKIP BBG) Banda Aceh menawarkan beasiswa penuh bagi Youtuber. Untuk mendapatkan beasiswa ini, ada sejuml

  • Minggu, 03/06/2018 10:22 WIB

    Akademisi UTU Latih Aparatur Kelola Dana Desa

    ACEH BARAT - Tim pengabdian dari Universitas Teuku Umar (UTU) Kabupaten Aceh Barat, melatih aparatur desa di daeah itu untuk memperkuat profesionalisme mereka dalam menggelola keuangan. Ketua tim p

  • Sabtu, 02/06/2018 13:25 WIB

    Facebook Ditinggal Generasi Milenial, YouTube & Instagram Jadi Terpopuler

    JAKARTA - Kendati masih menjadi media sosial terpopuler di dunia, ternyata Facebook mulai ditinggalkan anak muda. Kepopuleran Facebook di kalangan remaja tergerus oleh platform lain seperti YouTube, S

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir