STAIN Gajah Putih Bersiap Menjadi IAIN

Oleh: Redaksi
Minggu, 29/07/2018 22:27 WIB
Dibaca: 744 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH TENGAH - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih sedang bersiap untuk transformasi kelembagaan menjadi Institute Agama Islam Negeri (IAIN), kata pejabat di lembaga pendidikan tersebut.

"Kami bersama dengan Pemerintah Daerah sudah mengusulkan perubahan status menjadi IAIN sejak 2015 lalu," kata Ketua STAIN Gajah Putih, Zulkarnain di Takengon, Minggu (29/7/2018). 

Ia menjelaskan salah satu persiapan yang telah dilakukan oleh pihak kampus adalah dengan menggelar?Focus Group Discussion?(FGD) guna membahas draft organisasi dan tata laksana IAIN. 

Pihaknya berharap perubahan status tersebut dapat segera terwujud menyusul berbgai persiapan dan langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menjadi STAIN menjadi IAIN. 

Bupati Aceh Tengah sekaligus Ketua Dewan Penyantun STAIN Gajah Putih, Shabela Abubakar menilai kegiatan FGD sebagai satu tindakan visioner yang memandang jauh ke depan. 

"Bagaimana kita mempersiapkan transformasi STAIN menjadi IAIN, mulai dari penamaan IAIN dan lain-lain yang dianggap perlu dan penting dipersiapkan dari sekarang," katanya. 

Orang nomor satu di Aceh Tengah tersebut menegaskan, akan memberi dukungan penuh terhadap kebutuhan yang disyaratkan dalam proses tranformasi STAIN Gajah Putih menjadi IAIN, sejauh tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Kami juga berharap kampus ini juga harus mengimbangi status tersebut dengan pengelolaan pendidikan yang lebih maju yang diikuti dengan peningkatan kualitas tenaga pengajar dan kualitas lulusan yang harus menjadi target untuk terus diperbaiki dan meningkat dari tahun ke tahun," katanya. 

Ia menambahkan salah satu indikator yang paling nyata dari kualitas adalah seberapa besar kampus mampu menerbitkan publikasi ilmiah secara konsisten, dapat dipertangungjawabkan, aplikatif dan memberi dampak positif bagi masyarakat. 

"Jika kampus berkualitas maka dengan sendirinya akan lebih dikenal, sehingga pada akhirnya dapat menyerap lebih banyak mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di IAIN Gajah Putih nantinya," demikian Shabela. 

Sumber: Antara

Tag:Aceh Tengahstain gajah putih
Berita Terkait
  • Minggu, 03/03/2019 19:23 WIB

    Aceh Tengah Usulkan Pembangunan Arena Pacuan Kuda Standar Nasional

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyatakan telah mengusulkan pembangunan infrastruktur arena pacuan kuda yang memenuhi standar nasional kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemud

  • Minggu, 24/02/2019 08:48 WIB

    Kadis Tenaga Kerja Aceh Tengah: Tak Ada Lagi Pekerja Asing di Lahan Prabowo

    ACEH TENGAH - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Linge Fauzan Azima menyebut PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto di Aceh mempekerjakan tenaga asing. Kepala Dinas Transmig

  • Selasa, 19/02/2019 20:29 WIB

    Ini Penjelasan Mantan Panglima GAM Wilayah Linge tentang Lahan Pinus Milik Prabowo

    ACEH TENGAH - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge Fauzan Azima membeberkan proses capres Prabowo Subianto memperoleh ribuan hektare lahan di Aceh. Proses izin menguasai hutan pinu

  • Selasa, 19/02/2019 20:15 WIB

    Pemkab Aceh Tengah Kirim 20 Pemuda ke Bekasi

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengirim sebanyak 20 pemuda di daerah setempat untuk mengikuti pelatihan kerja yang difasilitasi oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Kementerian

  • Selasa, 08/01/2019 20:33 WIB

    Anak dan Ibu Bunuh Ayah di Aceh Tengah

    ACEH TENGAH - Seorang anak bersama ibunya di Aceh Tengah ditangkap polisi karena diduga membunuh sang ayah beberapa bulan lalu. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Aceh Kombes Pol Agus Sarjito di

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir