• Home
  • Edukasi
  • Mendikbud Usul ke Sri Mulyani Gaji Guru Honorer Setara UMR

Mendikbud Usul ke Sri Mulyani Gaji Guru Honorer Setara UMR

Oleh: Redaksi
Rabu, 23/01/2019 20:44 WIB
Dibaca: 191 kali
Foto: tribunnews.com

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan, agar gaji guru honorer bisa setara dengan Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku di masing-masing daerah. Hal tersebut disampaikan dirinya pada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Muhadjir menyatakan, dirinya juga meminta agar anggaran untuk peningkatan gaji guru honorer tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada pos dana alokasi umum (DAU), sehingga tidak dilimpahkan ke APBD. Menurutnya, bila masuk pos DAU anggaran tersebut bisa lebih terkontrol.

"Jadi tidak dibebankan kepada APBD, karena kalau dibebankan ke APBD kita tidak bisa memaksa daerah alokasikan itu," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Menurut Muhadjir, Sri Mulyani juga menyambut baik usulan tersebut. Kata dia, pembahasan tersebut memang belum masuk ke tahap teknis, seperti terkait besaran anggaran yang akan dialokasikan serta waktu pasti untuk realisasi program tersebut.

Dia menyatakan, agar program ini bisa terealisasi dengan efektif dan efisien, Kemendikbud tengah melakukan sensus terkait jumlah guru honorer yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu juga guna memastikan, guru honorer tersebut bertugas aktif sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Jadi sepakat untuk ditindaklanjuti agar dipetakan lebih rinci, supaya bisa dipastikan ada ketersediaan dana dan ada orangnya. Maka Kemendikbud sedang melakukan sensus terhadap guru honorer (yang jumlahnya) 700 ribu lebih," jelas dia.

Sumber: okezone.com

Tag:gaji guru honorerGuru HonorerKemendikbudmendikbudumr
Berita Terkait
  • Minggu, 10/03/2019 17:04 WIB

    Saudi Larang Penggunaan Istilah Wisata Religi Untuk Haji dan Umrah

    JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru yang melarang penggunaan istilah wisata religi (siyaahah ad diiniyyah) untuk kegiatan-kegiatan terkait ibadah haji dan umrah. "Informasi t

  • Sabtu, 02/02/2019 17:28 WIB

    Alhamdulillah, Guru Honorer Usia 35 Tahun Bisa Ikut Tes CPNS

    JAKARTA - Guru honorer usia 35 tahun ke atas bisa mengikuti tes CPNS, setelah ada keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan sebagian gugatan guru honorer terhadap PermenPAN-RB Nomor 36 Tahun

  • Jumat, 11/01/2019 21:41 WIB

    Kemenag Rekomendasikan 14 Travel Umrah di Aceh

    BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh merekomendasi 14 travel umrah dan haji plus yang memiliki izin resmi di provinsi paling barat Indonesia itu. "Bagi masyarakat y

  • Senin, 30/07/2018 19:48 WIB

    2 Tahun Tunjangan Tak Dibayar, Guru di Aceh Geruduk Ombudsman

    BANDA ACEH - Guru di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, ramai-ramai mendatangi Ombudsman. Para guru itu curhat dana tunjangan daerah terpencil sudah tidak diberikan sejak dua tahun lalu.

  • Kamis, 31/05/2018 19:17 WIB

    Kuota 100 Ribu Guru Honorer untuk PNS dan P3K

    JAKARTA - Usulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengangkat 100 ribu guru honorer bakal dikabulkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir