• Home
  • Edukasi
  • Mahasiswa Unimal KKN dengan Mengajar Anak-Anak di Desanya

Mahasiswa Unimal KKN dengan Mengajar Anak-Anak di Desanya

Oleh: Satria
Jumat, 12/06/2020 18:55 WIB
Foto: Istimewa/WartaAceh.com

ACEH SELATAN - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini Unimal menyediakan beberapa skema KKN yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

KKN juga dapat dilakukan perorangan di kampung asal mahasiswa, atau dapat disebut Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK). Sedangkan format sebelumnya, KKN dilakukan berkelompok dan ditempatkan di daerah tertentu yang ditetapkan oleh panitia KKN.

Fitriani asal Tapaktuan salah satu contoh mahasiswa yang memilih skema KKN-BK perorangan. Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kimia melakukan KKN di Desa Ladang Tuha, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, dalam rentang waktu yang dimulai tanggal 21 April sampai 15 Mei 2020.

Dalam memanfaatkan libur panjang karena dampak virus Corona, Fitri memilih kegiatan belajar-mengajar sebagai aktivitas hari-hari. 

“Untuk mengisi libur panjang Corona, saya terinspirasi mengajak anak-anak tetap melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan tujuan untuk mengasah kembali ilmu yang sudah didapatkan di sekolah," terang Fitri.

Selanjutnya dia mengatakan, materi yang diajarkannya adalah materi dasar seperti mengenal huruf, angka, tanda baca, menghitung, menulis dan membaca karena materi ini sesuai dengan apa yang dipelajari anak-anak disekolah.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Anwar Puteh SE ME memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN.

"Kami selaku dosen pembimbing memberikan dukungan kepada mahasiswa karena format KKN sangat membantu setiap mahasiswa berkreasi di lapangan," ungkap Anwar Puteh. 

Sementara itu Keuchik Desa Ladang Tuha, Nurman Hasyem mengatakan cukup senang dengan adanya program KKN di desanya.

“Kegiatan ini sangat memantu saya selaku keuchik. Saya menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di desa kami," kata Nurman Hasyem.

Menurut Hasyem dengan adanya kegiatan ini anak-anak tidak sibuk dengan bermain game, dan kegiatan ini jauh lebih bermanfaat untuk pendidikan anak kedepannya.

Tag:covid-19covid 19kkn unimalmahasiswa unimalunimalvirus corona
Berita Terkait
  • Kamis, 06/08/2020 23:33 WIB

    54 Kasus Baru Covid-19 Bertambah di Aceh

    BANDA ACEH - Tim surveilans Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota setiap hari menelusuri orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien atau Orang Tanpa Ge

  • Sabtu, 01/08/2020 21:01 WIB

    Virus Corona Bukan Hoax, Semua Siaga Tangkal Laju Transmisinya

    BANDA ACEH -Ada banyak informasi palsu (hoax) di seputar virus corona yang beredar masif di tengah masyarakat. Berita hoax dibagi secara berantai dan melampaui kuantitas informasi dari otoritas resmi.

  • Sabtu, 25/07/2020 17:09 WIB

    PLN Aceh dan Forum PRB Salurkan Bantuan untuk Guru Ngaji dan Masyarakat Terimbas Covid-19

    NAGAN RAYA – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh bekerjasama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh menyalurkan bantuan bahan pangan sebanyak 605 paket untuk gu

  • Kamis, 23/07/2020 17:50 WIB

    Ekonomi Menurun, Sektor Pariwisata Aceh Harus Siapkan Konsep New Normal

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT meminta sektor pariwisata di Aceh untuk menyiapkan diri dengan konsep normal baru dalam upaya meningkatkan kembali pertumbuahan ekon

  • Senin, 20/07/2020 22:16 WIB

    6 Daerah di Aceh Nihil Kasus Covid-19

    BANDA ACEH - Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Aceh menyatakan enam kabupaten/kota di provinsi setempat masih nihil kasus warga yang terpapar virus corona, namun tetap diminta untuk waspada d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir