• Home
  • EDUKASI
  • Mahasiswa FT Unsyiah Ciptakan Robot Penuntun Korban Bencana

Mahasiswa FT Unsyiah Ciptakan Robot Penuntun Korban Bencana

Oleh: Redaksi
Sabtu, 10/06/2017 16:54 WIB
Dibaca: 76 kali
Lima mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan RoPo: Bima Sakti, Syadza Sausan, Achmi Yuliani, Intan Permatasari, dan Hendrik Leo. (Foto: detik.com)

BANDA ACEH - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menciptakan robot yang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi tim pencari korban bencana gempa bumi. Robot buatan lima mahasiswa ini diberi nama Robot Pointer (RoPo).

Kelima mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan robot tersebut yaitu Bima Sakti, Syadza Sausan, Achmi Yuliani, Intan Permatasari, dan Hendrik Leo. Pembuatan RoPo berawal dari keinginan mereka untuk memudahkan penanganan masalah bencana gempa bumi yang sering melanda Indonesia. Dalam prosesnya, mereka dibimbing Mohammad Syaryadhi ST MSc.

Ketua Tim Pembuatan RoPo, Bima Sakti mengatakan, kehadiran RoPo memudahkan tim SAR dalam melacak keberadaan korban gempa bumi. Pasalnya, pasca musibah evakuasi korban yang masih hidup harus segera dilakukan untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan.

"Tim SAR yang berperan sebagai pengevakuasi korban bencana tidak perlu meninjau langsung ke lokasi bencana, karena tim SAR dapat menerjunkan RoPo ke lokasi bencana," kata Bima dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2017).

Pembuatan RoPo ini dilakukan di Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas Teknik Unsyiah. Menurutnya, setelah diterjunkan ke lokasi bencana, RoPo akan mengirimkan informasi mengenai rute yang paling aman untuk dilalui tim SAR dan rincian lokasi korban.

Hingga kini, kata Bima, penggunaan RoPo masih dibatasi pada bencana gempa bumi. Hal ini disebabkan RoPo merupakan robot beroda yang belum mampu menjangkau lokasi bencana alam seperti banjir, longsor, dan lainnya.

"Namun setidaknya alat ini menjadi suatu terobosan baru dalam mitigasi bencana, karena mengingat Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat sering mengalami bencana," jelasnya.

Menurut Bima Sakti, RoPo akan terus dikembangkan agar penggunaannya tidak terbatas pada saat kejadian bencana gempa bumi. "Sementara ini RoPo akan bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya penambahan korban bencana, baik korban bencana gempa bumi maupun korban dari tim SAR yang sedang mengevakuasi korban," ungkap Bima. 

Sumber: detik.com

T#g:MahasiswaRobot RopoUnsyiah
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Senin, 12/06/2017 21:13 WIB

    148.066 Peserta Lolos SBMPTN 2017

    JAKARTA - Sebanyak 148.066 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru. Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Ting

  • Kamis, 08/06/2017 23:29 WIB

    Menpora Ajak Mahasiswa Redam Perpecahan di Media Sosial

    JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya mahasiswa, untuk memanfaatkan media sosial secara positif. Salah satunya untuk meredam per

  • Sabtu, 13/05/2017 11:43 WIB

    Hayeu, Anak Aceh Ini Ternyata Mahasiswa Berprestasi di IPB

    BOGOR - Bunga-bunga anggrek bermekaran. Bibit-bibit spesies anggrek Nusantara tersemai di pot-pot kecil, sebagian besar mulai tumbuh. Di Green House Institute Pertanian Bogor (IPB), Feryan Fern

  • Sabtu, 18/03/2017 20:33 WIB

    500 Mahasiswa Unsyiah Dibekali Bela Negara

    BANDA ACEH - Sedikitnya 500 Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan rapat kerja (raker) sekaligus Upgrading kepengurusan BEM Unsyiah 2017 di Rindam Iskandar Muda, Sabtu (18/3/17).

  • Jumat, 10/03/2017 16:20 WIB

    18.556 Pendaftar SNMPTN 2017 Perebutkan Bangku Unsyiah

    BANDA ACEH - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) menjadi andalan bagi calon mahasiswa untuk masuk ke kampus impian. Tak heran, peminat jalur ini selalu tinggi di setiap PTN.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir