Keren, Unsyiah Produksi APD dan Masker

Oleh: Redaksi
Senin, 06/04/2020 20:14 WIB
Dibaca: 86 kali
Ilustrasi masker wajah. (Foto: STR/AFP)

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh memproduksi sejumlah masker dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk membantu masyarakat dan tenaga kesehatan dalam penanganan COVID-19.

“Masker dan APD yang diproduksi ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona dan bagian dari bentuk dukungan kepada tenaga medis agar aman saat bekerja di rumah sakit,” kata Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal, di Banda Aceh, Senin (6/4/2020).

Ia menjelaskan APD dan masker yang akan diberikan kepada tenaga medis dan masyarakat tersebut merupakan hasil karya mahasiswa FKIP Program Studi PKK. 

Ia menyebutkan untuk tahap pertama, mereka berhasil memproduksi sebanyak 500 buah masker yang dibagikan secara gratis oleh Menwa Unsyiah kepada masyarakat seperti nyak-nyak jual sayur di Pasar Lamnyong dan Pasar Ulee Kareng.

“Masker ini jelas sangat penting. Inilah upaya kita untuk membantu masyarakat menyusul adanya imbauan untuk mengenakan masker jika keluar rumah,” katanya.

Rektor mengatakan untuk alat pelindung kesehatan yang diproduksi saat ini baru sebatas sample yaitu sebanyak empat model APD. 

Ada pun jenisnya adalah APD tipe 2. Empat model ini kemudian diserahkan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, untuk dipilih model mana yang paling efektif untuk digunakan oleh petugas kesehatan.

“Setelah model APD itu dipilih, kita akan langsung produksi sebanyak 300 buah untuk petugas medis, yaitu mereka yang berada di garda depan menghadapi wabah ini,” kata Rektor.

Rektor berharap, masker dan APD yang diproduksi oleh mahasiswa Unsyiah tersebut dapat menjadi solusi atas kelangkaan alat-alat kesehatan tersebut saat ini. 

Ia menambahkan, khusus untuk masker, Unsyiah akan berupaya untuk memproduksinya sebanyak mungkin termasuk juga untuk APD.

“Intinya kita ingin berjuang bersama agar wabah ini segera berakhir,” demikian Rektor.

Sumber: Antara

Tag:apdmaskerUnsyiahvirus corona
Berita Terkait
  • Kamis, 21/05/2020 14:24 WIB

    Masjid Baiturrahman Gelar Salat Id dengan Protokol Kesehatan

    BANDA ACEH - Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh tetap melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah. Pemerintah Aceh meminta jemaah menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona

  • Kamis, 21/05/2020 10:20 WIB

    Dilarang Mudik, ASN Aceh Absen Online via Video Call 2 Kali Sehari saat Lebaran

    BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh melarang mudik Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kontrak (TK) demi mencegah penyebaran virus Corona. Pemantauan keberadaan mereka akan dilakukan atasan lew

  • Sabtu, 16/05/2020 19:20 WIB

    Perangkat Gampong Diminta Laksanakan Instruksi Menteri Desa Dalam Penyaluran BLT

    BANDA ACEH - Lembaga Gerakan Titipan Rakyat (Getar) Aceh meminta semua perangkat gampong agar menindaklanjuti Instruksi Menteri Desa agar segera percepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (B

  • Jumat, 15/05/2020 18:04 WIB

    Wow, Rekor Aceh 9 Hari Berturut-turut Nihil Kasus Corona

    JAKARTA - Pemerintah terus melakukan pembaruan data kasus Corona di seluruh Indonesia. Kabar baiknya, dalam sepekan ke belakang, Provinsi Aceh memegang rekor dengan catatan sembilan hari berturut-turu

  • Jumat, 15/05/2020 14:38 WIB

    MPU: Boleh Salat Id di Masjid dan Lapangan

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengizinkan warga menggelar salat Idul Fitri (Id) 1 Syawal 1441 Hijriah secara berjamaah, baik di masjid maupun di tempat-tempat terbuka seperti d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir