• Home
  • EDUKASI
  • Kemendikbud Targetkan Bentuk LSP di 1.650 SMK

Kemendikbud Targetkan Bentuk LSP di 1.650 SMK

Oleh: Redaksi
Sabtu, 18/03/2017 15:30 WIB
Dibaca: 143 kali
Foto: jpnn.com

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) di 1.650 SMK yang akan menjadi sekolah rujukan.

Saat ini sudah 327 SMK menjadi LSP P1 dan telah menerima Sertifikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

‎Ketua BNSP Sumarna F. Abdurahman mengatakan, SMK rujukan itu nanti bekerja sama dengan SMK-SMK di sekitarnya yang menjadi aliansi, untuk mengikuti ujian kompetensi keahlian yang dilakukan SMK rujukan.

“Jadi pada dasarnya tidak harus 13 ribuan SMK itu harus memiliki LSP, tapi cukup dilakukan melalui SMK rujukan sebagai LSP P1, plus di tingkat provinsi sudah ada juga LSP P2 yang dibentuk juga oleh Dinas Pendidikan provinsi,” tuturnya, Sabtu (18/3/2017).

LSP P2 itu, lanjutnya, juga bisa menguji siswa SMK yang sekolahnya belum punya LSP.

SMK yang sudah menjadi LSP P1 ditetapkan BNSP dengan beberapa kriteria. Pertama, SMK tersebut sudah terakreditasi.

Kedua, sudah menerapkan kurikulum yang berbasis pada standar kompetensi.

Ketiga, harus memiliki tenaga asesor, yaitu seseorang yang memiliki kualifikasi untuk melaksanakan assessment dalam rangka assessment manajemen mutu dalam sistem lisensi LSP. 

Sumber: jpnn.com

T#g:KemendikbudLembaga Sertifikasi ProfesiSMK
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Sabtu, 17/06/2017 17:45 WIB

    Kemendikbud Janji Kaji Ulang Full Day School

    JAKARTA - Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ari Santoso memastikan pihaknya akan mengkaji ulang kebijakan lima hari sekolah dengan waktu delapan jam atau full day school.

  • Minggu, 11/06/2017 21:00 WIB

    Kemendikbud Keberatan Atas Penilaian MUI

    JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan keberatan atas penilaian Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meyakini kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan akan membuat

  • Minggu, 11/06/2017 20:20 WIB

    MUI: Sekolah 8 Jam per Hari Bikin Madrasah Gulung Tikar

    JAKARTA - Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang memberlakukan waktu belajar 8 jam perhari dan libur Sabtu-Minggu mendapat kritikan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). W

  • Kamis, 08/06/2017 11:36 WIB

    Kemendikbud Godok Aturan Pulang Sekolah Pukul 16.00 Sore

    JAKARTA - Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sedang menggodok Permendikbud sebagai dasar kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan. Namun, Muhadjir belum bersedia menjelaskan secar

  • Kamis, 18/05/2017 22:35 WIB

    Guru SMK di Aceh Ikut Program Keahlian Ganda

    BANDA ACEH - Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Banda Aceh antusias mengikuti program keahlian ganda, sebagai jalan pintas untuk mendapatkan sertifikasi. Herry Suansa dan Iswandi, keduanya

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir