Gubernur: 38 warga Aceh kuliah di China

Oleh: Redaksi
Senin, 17/12/2018 08:50 WIB
Dibaca: 497 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan, sebanyak 38 warga Aceh belajar di pelbagai jurusan pada Perguruan Tinggi, Wuhan University, Tiongkok.

"Saat ini ada 38 orang warga Aceh sedang belajar di Wuhan University dan 100 persen biaya pendidikan mereka ditanggung oleh Pemerintah China," katanya, di Banda Aceh, Minggu (16/12/2018).

Ke-38 anak Aceh tersebut berasal dari, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan Gayo Lues, serta pelbagai daerah lainnya di provinsi paling Barat Sumatera.

"Mereka sekarang sangat lancar berbahasa China dan waktu itu saya sudah berpesan agar semuanya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan belajar dengan bersungguh-sungguh serta mengaplikasikan ilmunya saat kembali ke Aceh,? kata mantan Anggota DPR RI Periode 2004-2009 tersebut,"ujar Nova.

Pemerintah China membantu anak-anak Aceh dalam hal pendidikan yakni memberikan biasa siswa gratis untuk belajar di Wuhan University, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Nova berpesan, agar pemuda/pemudi Aceh dan Indonesia pada umumnya selama belajar Wuhan University bisa meniru kebiasan positif warga Negara Tirai Bambu dan saat kembali bisa mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut, dia menyatakan, banyak hal positif yang perlu ditiru dari kebiasaan rakyat china diantaranya, kerja keras serta memanfaatkan setiap waktu luang untuk belajar.

"Anak-anak kita yang sedang belajar di China bisa meniru yang positif dari rakyat China yang kerja keras, hemat, bersungguh-sungguh dan pantang menyerah," tandas Nova.

Sumber: Antara

Tag:kuliah di chinamahasiswapelajar aceh
Berita Terkait
  • Senin, 18/02/2019 14:18 WIB

    Unimal Ganti 422 Penerima Beasiswa Bidikmisi

    ACEH UTARA - Sebanyak 422 mahasiswa tahun ini dipastikan tidak lagi mendapat beasiswa untuk mahasiswa miskin berprestasi (Bidikmisi) di Univeristas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara. Pasalnya, ratusan

  • Minggu, 20/01/2019 21:39 WIB

    318 Sekolah di Aceh Belum Daftar ke Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Nasional

    ACEH UTARA - Sebanyak 318 sekolah menengah atas, kejuruan, dan madrasah di Aceh hingga Minggu (20/1/2019) belum mendaftarkan siswanya untuk mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi

  • Senin, 30/07/2018 09:42 WIB

    Rektor Apresiasi Prestasi Kontingen Unsyiah di Malaysia

    BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal memberikan apreasiasi kepada kontingen mahasiswa Unsyiah yang meraih dua medali emas dan satu perunggu pada Varsity Car

  • Jumat, 22/06/2018 22:39 WIB

    Petugas Bandara SIM Amankan Mahasiswa Bawa Narkoba

    BANDA ACEH - Petugas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, mengamankan seorang mahasiswa yang kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 74,6

  • Rabu, 06/06/2018 11:46 WIB

    APTISI: Kemristekdikti akan Kewalahan Awasi HP Mahasiswa

    JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Budi Djatmiko menilai, langkah pemerintah melakukan pengawasan dan pendataan terhadap nomor telepon seluler dan media sosial mi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir