• Home
  • Edukasi
  • Dosen Unimal Presentasi Keunggulan Durian Aceh di Vietnam

Dosen Unimal Presentasi Keunggulan Durian Aceh di Vietnam

Oleh: Satria
Minggu, 29/09/2019 12:11 WIB
Dibaca: 88 kali
Foto: unimal.ac.id
Dr Rd Selvi Handayani, dosen dan peneliti Universitas Malikussaleh sedang mempresentasikan tentang durian Aceh dalam simposium internasional di Vietnam, Rabu 25 September 2019.

ACEH UTARA - Tiga dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti simposium internasional di Vietnam. Simposium ini mengambil tema “International Symposium on Tropical Fruits (ISTF) 2019” yang diselenggarkan oleh International Tropical Fruits Network (TFNet). Kegiatan simposium berlangsung di Liberty Central Saigon Riverside Hotel, Ho Ci Minh City, 24-26 September 2019.

Mengutip rilis dari Humas Unimal pada Ahad (29/9/2019), dosen yang mewakili Unimal sebagai pemakalah adalah Dr Rd Selvy Handayani dan Dr Ismadi dari Program Magister Agroekoteknologi Fakultas Pertanian dan Dr M Sayuti dari Teknik Industri Fakultas Teknik. International Symposium on Tropical Fruits ini juga diikuti oleh peserta dari 14 negara Asia, Australia dan Eropa.

Pembicara kunci adalah Ms Sabine Altendorf dari Badan Pangan Dunia (FAO), Dr Yi Ganjun dari Guangdong Academy of Agricultural Sciences (GDAAS) China, Mr Steve Nguyen Duc Phuong Nam WOWTRACE Vietnam, dan Mr Howard Hall dari Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR).

Peneliti dari Unimal sendiri menyajikan makalah dengan topik “The effect of application of HgCl2 and different stages of leaf explants on development of durian (Durio zibethinus Murr.) leaf explants. Ini merupakan bagian penelitian besar yang didanai oleh Kemenristekti dikti tahun 2018-2019.

"Tujuan Unimal mengirim peneliti pada International Symposium on Tropical Fruits (ISTF) 2019 adalah untuk mengikuti tren terbaru tentang penelitian tanaman buah dunia, memperluas jaringan penelitian agar dapat melakukan kolaborasi riset, mempromosikan penelitian durian Aceh dan Indonesia, mempromosikan Unimal di tingkat internasional, dan bertemu langsung dengan ahli buah dari berbagai negara," sebut Dr Rd Selvy Handayani. 

Menurut Dr Rd Selvy Handayani yang merupakan ketua tim peneliti, durian Aceh memiliki banyak keunggulan karena rasanya yang enak sehingga sangat disukai. Namun karena arah pengembangannya yang belum baik sehingga potensinya belum terdata dengan baik sehingga informasinya masih sangat terbatas. Penelitian yang dilakukan diharapkan akan mampu mengangkat nilai durian Aceh di tingkat lokal, nasional dan suatu saat akan mampu bersaing di tingkat internasional.

Penelitian besar itu bertujuan untuk eksplorasi plasma nutfah unggulan Aceh dan mendapatkan metode penyelamatannya melalui teknologi perbanyakan modern. Hal ini perlu dilakukan karena sudah banyak sumberdaya genetik lokal Aceh yang saat ini sudah mulai terancam punah misalnya karena perubahan iklim (climate change) maupun alih fungsi lahan.

Tag:Aceh Utaradosen unimaldurian acehuniversitas malikussaleh
Berita Terkait
  • Minggu, 20/10/2019 15:39 WIB

    Tepergok Curi Motor, Pria Ini Diamuk Massa di Cot Girek

    ACEH UTARA - Seorang pria babak belur diamuk massa di kawasan Dusun Alue Ie Jaya, Gampong (desa) Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, setelah tepergok diduga hendak mencuri satu uni

  • Jumat, 11/10/2019 21:15 WIB

    Peringati Hari Santri Nasional, Dayah Aceh Utara Gelar Upacara Bendera di Lhoksukon

    ACEH UTARA - Dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019, seluruh dayah (pesantren) di Kabupaten Aceh Utara akan memutihkan lapangan upacara Lhoksukon. Kegiatan upacara bender

  • Kamis, 10/10/2019 21:32 WIB

    Pria Nisam Antara Ditangkap karena Lakukan Provokasi dan Ujaran Kebencian

    BANDA ACEH - Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Aceh menangkap seorang tersangka provokasi dan ujar kebencian yang disebar di media sosial. Kepala Bidang Humas Polda Aceh

  • Rabu, 02/10/2019 16:53 WIB

    Tragis, Warga Bireuen Meninggal Terjepit Truck Tronton

    ACEH UTARA - Seorang sopir mobil dump truk, Zaini (40) warga asal Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen meninggal dunia akibat terjepit mobil yang dikendarainya.  Peristiwa itu ter

  • Jumat, 27/09/2019 17:03 WIB

    Putra Pelangi Tabrak Tiang Listrik, 3 Korban Meninggal

    ACEH UTARA - Kecelakaan bus kembali terjadi. Kali ini bus Putra Pelangi dengan nomor polisi BL 7522 AA mengalami kecelakaan "out of control" dengan menabrak tiang listrik di Jalan Medan - Banda Aceh d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir