• Home
  • Aparatur
  • Masyarakat di Aceh Timur Kurang Paham Pemilihan Keuchik

Masyarakat di Aceh Timur Kurang Paham Pemilihan Keuchik

Oleh: Redaksi
Rabu, 30/10/2019 17:51 WIB
Foto: Antara

ACEH TIMUR - Kabag Hukum Setdakab Aceh Timur, Abdul Muthalib, BA mengatakan, pemahaman masyarakat tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik (kepala desa) di daerahnya masih kurang, sehingga sering terjadi konflik dalam pemilihan kepimpinan di tingkat desa tersebut.

Maka dari itu, Pemkab Aceh Timur mengadakan kegiatan Penyuluhan Hukum Tentang Tata Cara Pencalonan Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Keuchik, yang bertempat di Aula Kantor Camat Idi Rayeuk, Aceh Timur, Selasa (29/10/2019).

Adapun tujuan acara ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada aparatur dan masyarakat tentang tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik di Kabupaten Aceh Timur sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku sekaligus menghindari terjadinya perselisihan dalam masyarakat.

“Akibat kurangnya pemahaman tentang tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik sekaligus mampu mewujudkan perdamaian dan ketentraman dalam gampong (desa),” kata Abdul Muthalib.

Lebih lanjut, ia mengatakan, melihat begitu maraknya permasalahan yang muncul terkait tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik di Kabupaten Aceh Timur.

"Bahkan kerap terjadi perselisihan dalam masyarakat akibat kurangnya pemahaman mengenai tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik," ujarnya.

Maka diselenggarakanlah acara ini guna mencegah terulang kembalinya permasalahan konflik di masyarakat, tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Aceh Timur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. M. Yasin dalam amanatnya ketika membuka acara tersebut mengharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian keuchik secara terperinci dan mendetail sekaligus mampu mewujudkan perdamaian dan ketentraman dalam desa sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya seorang pemimpin di desa.

“Mencegah terjadinya saling menyalahkan antar sesama yang mengakibatkan terhambatnya proses pemilihan geuchik menjadi tidak sejalan dengan apa yang diharapkan apalagi bila kita lihat sudah begitu banyaknya permasalahan yang muncul terkait tatacara pencalonan, pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian geuchik di Kabupaten Aceh Timur, bahkan kerap terjadinya perselisihan dalam masyarakat akibat kurangnya pemahaman mengenai hal tersebut,” kata M Yasin.

Acara tersebut, turut diikuti para camat, dua orang perwakilan keuchik dari masing-masing kecamatan, satu orang perwakilan Tuha Peut Gampong dari masing-masing kecamatan. 

Sumber: Antara

Tag:Aceh Timurpemilihan keuchiktata cara pemilihan kepala desa
Berita Terkait
  • Kamis, 11/06/2020 11:19 WIB

    Ini Alasan Rumah Sakit di Aceh Timur Tolak Bantuan Masker dan Obat-obatan

    ACEH TIMUR - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak dan sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Timur menolak bantuan masker dan obat-obatan yang disalurkan sekelompok warga Tion

  • Selasa, 02/06/2020 15:47 WIB

    Jembatan Diterjang Banjir, Lintas Aceh Timur dan Gayo Lues lumpuh

    ACEH TIMUR - Jembatan di ruas jalan yang menghubungi Lokop (Aceh Timur) dan Blang Kejeren, (Gayo Luwes) terputus diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu, sehingga berdampak lu

  • Minggu, 31/05/2020 21:15 WIB

    Kecelakaan di Peureulak Rengut Nyawa Dua Anak

    ACEH TIMUR - Dua anak laki-laki meninggal dunia setelah sepeda motor yang dikendarai ibunya dihantam truk Mitsubishi di jalan lintas Medan - Banda Aceh atau tepatnya Desa Alue Tho, Kecamatan Pereulak

  • Selasa, 26/05/2020 14:15 WIB

    Kapolres Aceh Timur Datangi Korban Penganiayaan Oknum Polisi

    ACEH TIMUR - Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro mendatangi rumah keluarga Ramlan (60), korban penganiayaan yang dilakukan dua anggota Polsek Nurussalam di Gampong Keude Bagok Dua, Kecamatan Nurus

  • Jumat, 15/05/2020 19:08 WIB

    Kodim 0104/Aceh Timur Terima Kunjungan Pangdam IM

    LANGSA - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin SIP MM beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 0104/Aceh Timur, yang diterima langsung oleh Da

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir