• Home
  • Aparatur
  • Catat, PNS Baru Dilarang Pindah Selama 10 Tahun

Catat, PNS Baru Dilarang Pindah Selama 10 Tahun

Oleh: Redaksi
Kamis, 24/01/2019 12:30 WIB
Dibaca: 356 kali
Foto: okezone.com

JAKARTA - Pemerintah menetapkan aturan tegas untuk pegawai negeri sipil (PNS) baru, yakni dilarang pindah tugas selama 10 tahun.

Aturan ini diterapkan agar manajemen kepegawaian ke depan lebih baik. Saat ini penerimaan CPNS 2018 sudah masuk pada tahap pemberkasan.

“Pelamar rekrutmen CPNS yang lulus seleksi dan telah mendapat NIP (nomor induk pegawai) harus di tempatkan dan bekerja pada formasi yang dipilih minimal selama 10 tahun,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Rabu (23/1/2019).

Sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 36/2018 disebutkan bahwa peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apa pun sekurang-kurangnya selama sepuluh tahun sejak terhitung mulai tanggal (TMT) PNS.

Jika peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus tetap mengajukan pindah, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Bima mengatakan alasan karena ikut suami/istri pun tidak akan bisa lagi digunakan untuk permohonan pindah. Hal ini sudah diatur secara sistem di BKN.

“Tidak boleh pindah dengan alasan apapun selama 10 tahun. (Kalau nekat memindahkan), mutasinya akan ditolak di data base BKN,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika sebelum 10 tahun sudah pindah ke instansi/daerah lain, maka akan mengacaukan analisa beban kerja. Padahal, analisis beban kerja menjadi salah satu acuan pemenuhan formasi yang diajukan instansi pembuka rekrutmen.

“Ini juga supaya pelayanan publik tidak terganggu. Lalu manajemen sumber daya manusia (SDM) bisa baik, pemerataan kesempatan menjadi ASN (aparatur sipil negara), dan distribusi ASN lebih merata,” ucapnya.

BKN saat ini sedang memproses usul penetapan NIP CPNS 2018 yang diajukan instansi pembuka rekrutmen CPNS. Dari 5.952 usulan yang diterima, per 21 Januari 2019 BKN telah mene tapkan sebanyak 4.533 NIP.

Sumber: okezone.com

Tag:aparatur pemerintahCPNSPNS
Berita Terkait
  • Jumat, 29/05/2020 20:16 WIB

    Selama New Normal, PNS Aceh Dilarang Nongkrong di Warung Kopi

    BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh mulai menyusun pola kehidupan normal baru atau New Normal yang mulai diterapkan di perkantoran. Salah satunya menyesuaikan kembali sistem kerja pegawai negeri sip

  • Kamis, 21/05/2020 10:20 WIB

    Dilarang Mudik, ASN Aceh Absen Online via Video Call 2 Kali Sehari saat Lebaran

    BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh melarang mudik Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kontrak (TK) demi mencegah penyebaran virus Corona. Pemantauan keberadaan mereka akan dilakukan atasan lew

  • Kamis, 16/04/2020 19:14 WIB

    PNS di Dua Tempat, Pria Ini Dituntut 30 Bulan Penjara

    BANDA ACEH - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Pidie Said Zakimubarak dituntut 30 bulan penjara karena diduga menerima gaji ganda, sebagai PNS Pemkab Pidie dan PNS Pemerintah Provinsi Ac

  • Kamis, 19/03/2020 15:53 WIB

    Oknum Guru di Bener Meriah Terlibat Penipuan CPNS

    BANDA ACEH - Personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menangkap seorang guru karena diduga terlibat penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan kerugian puluhan juta rupiah. Kapol

  • Selasa, 17/03/2020 14:29 WIB

    ASN Kerja di Rumah tapi Keluyuran, Siap-siap Kena Sanksi

    JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo memastikan akan memberikan sanksi terhadap aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian PAN-RB y

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir