• Home
  • Aparatur
  • Catat, PNS Baru Dilarang Pindah Selama 10 Tahun

Catat, PNS Baru Dilarang Pindah Selama 10 Tahun

Oleh: Redaksi
Kamis, 24/01/2019 12:30 WIB
Dibaca: 275 kali
Foto: okezone.com

JAKARTA - Pemerintah menetapkan aturan tegas untuk pegawai negeri sipil (PNS) baru, yakni dilarang pindah tugas selama 10 tahun.

Aturan ini diterapkan agar manajemen kepegawaian ke depan lebih baik. Saat ini penerimaan CPNS 2018 sudah masuk pada tahap pemberkasan.

“Pelamar rekrutmen CPNS yang lulus seleksi dan telah mendapat NIP (nomor induk pegawai) harus di tempatkan dan bekerja pada formasi yang dipilih minimal selama 10 tahun,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Rabu (23/1/2019).

Sebagaimana Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 36/2018 disebutkan bahwa peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apa pun sekurang-kurangnya selama sepuluh tahun sejak terhitung mulai tanggal (TMT) PNS.

Jika peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus tetap mengajukan pindah, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri. Bima mengatakan alasan karena ikut suami/istri pun tidak akan bisa lagi digunakan untuk permohonan pindah. Hal ini sudah diatur secara sistem di BKN.

“Tidak boleh pindah dengan alasan apapun selama 10 tahun. (Kalau nekat memindahkan), mutasinya akan ditolak di data base BKN,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika sebelum 10 tahun sudah pindah ke instansi/daerah lain, maka akan mengacaukan analisa beban kerja. Padahal, analisis beban kerja menjadi salah satu acuan pemenuhan formasi yang diajukan instansi pembuka rekrutmen.

“Ini juga supaya pelayanan publik tidak terganggu. Lalu manajemen sumber daya manusia (SDM) bisa baik, pemerataan kesempatan menjadi ASN (aparatur sipil negara), dan distribusi ASN lebih merata,” ucapnya.

BKN saat ini sedang memproses usul penetapan NIP CPNS 2018 yang diajukan instansi pembuka rekrutmen CPNS. Dari 5.952 usulan yang diterima, per 21 Januari 2019 BKN telah mene tapkan sebanyak 4.533 NIP.

Sumber: okezone.com

Tag:aparatur pemerintahCPNSPNS
Berita Terkait
  • Rabu, 26/06/2019 15:45 WIB

    Ingat, PNS di Aceh Tidak Boleh Pakai Gas Elpiji 3 Kg

    BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tanah Rencong menggunakan gas elpiji 3 Kg. Larangan itu tertuang dalam surat edaran yang dikirim ke pimpinan pegawa

  • Selasa, 02/04/2019 13:55 WIB

    Pegawai Kemenkum Aceh Tipu Dokter Puluhan Juta

    BANDA ACEH - Seorang PNS Kanwil Kemenkum HAM Aceh dilaporkan ke polisi karena diduga menjadi calo CPNS. Pelaku berinisial EY (40) diduga menipu seorang dokter dan mengaku dapat meluluskan keponakan

  • Senin, 18/02/2019 20:31 WIB

    Honorer K2 yang Belum Daftar PPPK Bisa Ikut Tahap Dua

    JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyatakan, pendaftaran PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap satu sudah ditutup. Namun

  • Selasa, 12/02/2019 16:23 WIB

    Belum Dipecat, PNS Koruptor di Aceh Besar Kembalikan Seragam Dinas

    ACEH BESAR - Seorang PNS di Aceh Besar, Tarmizi mengembalikan baju dinas harian (PDH) di tengah upacara bendera. Bekas napi koruptor ini mempertanyakan statusnya yang belum dipecat dari PNS tapi dia s

  • Senin, 11/02/2019 10:35 WIB

    Pemerintah Undur Pendaftaran PPPK

    JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunda waktu pendaftaran pegawai setara PNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seharusnya, pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Februari ke

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir