• Follow Us:
Published On: Mon, May 6th, 2013

Waspadai Gelombang Laut di Pesisir Pantai Barat dan Selatan Aceh

Banda Aceh Р Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat, khususnya nelayan untuk mewaspadai tinggi gelombang di sebagian perairan laut di Provinsi Aceh yang berpotensi maksimal 3,5 meter.

“Perlu diwaspadai tingginya gelombang di perairan Aceh terutama pesisir pantai barat dan selatan provinsi ini,” kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang Suprapto di Aceh Besar, Senin (6/4/2013).

Didampingi prakirawan BMKG Rahmad Tauladani, ia menyebutkan, perkiraan cuaca tinggi gelombang perairan laut Aceh itu berlaku hingga dua hari terhitung sejak 6 Mei 2013.

Tinggi gelombang di perairan laut bagian utara dan timur Aceh maksimal dua meter, dan wilayah pesisir utara dan timur berpotensi mencapai 3,5 meter.

Selain tinggi gelombang, Suprapto juga meminta masyarakat wilayah tengah, barat, selatan, barat dan utara Aceh untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai guntur.

Pada umumnya, kata dia, cuaca di Propinsi Aceh berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Sementara angin ketinggian permukaan sampai 3.000 feet umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan minimal 3 Km/jam dan maksimal mencapai 30 Km/jam.

Suprapto juga menyebutkan secara khusus keadaan cuaca di Kota Banda Aceh hujan ringan, suhu udara minimum 22 dan maksimum 32 derajat celsius dengan kelembaban minimal 65 dan maksimal 97 persen.

Keadaan cuaca di daerah tujuan wisata yakni Kota Sabang diperkirakan cerah berawan, suhu udara minimum 22 dan maksimum 32 derajat celsius dengan kelembaban manimal 75 dan maksimal 92 persen.[antara]