• Follow Us:
Published On: Tue, Dec 18th, 2012

Simulasi, Prajurit TNI 113/JS Berhasil Lumpuhkan Teroris

Bireuen – Prajurit TNI jajaran Batalyon Infanteri 113/Jaya Sakti, berhasil menduduki dan menguasai BNI 46 Cabang Bireuen setelah menyergap para teroris bersenjata api untuk membebaskan beberapa nasabah dan karyawannya, Selasa (18/12/2012).

Kejadian tersebut terjadi saat digelarnya latihan taktis tingkat batalyon dengan materi pertempuran kota dan penyergapan teroris yang berlangsung di empat titik lokasi dalam Kota Bireuen.

Komandan Yonif 113/JS, Mayor Inf Ariful Muttaqin kepada wartawan saat menggelar simulasi itu mengatakan, kegiatan ini  untuk menambah kesiapan dan kesigapan prajurit TNI dalam rangka melaksanakan tugas tempur, sekaligus membantu tugas kepolisian dalam menciptakan kamtibmas.

Dalam simulasi sambung Muttaqin, melibatkan ratusan prajurit TNI Yonif 113/JS dalam melakukan penyergapan puluhan anggota teroris yang telah menguasai empat lokasi strategis di pusat Kota Bireuen.

“Dalam skenario itu, keberadaan ratusan prajurit TNI dalam penyergapan itu bermula dari perintah langsung Danrem 011/Lilawangsa untuk melakukan penanggulangan dan merebut kembali lokasi-lokasi vital yang telah dikuasai musuh,” katanya.

Dalam latihan itu mengisahkan, upaya puluhan prajurit untuk membebaskan beberapa nasabah dan karyawan BNI 46 Cabang Bireuen yang disandera para teroris bersenjata api. Sementara, ratusan prajurit lainnya, berada dalam posisi siap tembak di empat penjuru lokasi tersebut.

Dengan kesigapan para prajurit TNI yang ditugaskan ke lokasi kejadian, akhirnya sebagian anggota teroris berhasil dilumpuhkan. Kota Bireuen yang awalnya mencekam, kembali tenang dan kondisi itu selanjutnya dikembalikan TNI kepada kepolisian selaku penanggung jawab kamtibmas.

Usai menduduki kota, kemudian, prajurit TNI kembali melakukan  pengejaran terhadap musuh yang berhasil lolos dan melarikan ke kawasan pegunungan Simpang Jaya (15 km arah selatan Kota Bireuen). Lokasi Desa Simpang Jaya menjadi bagian akhir dari skenario melumpuhkan sisa anggota teroris.

“Ini adalah latihan taktis tingkat batalyon 2012 dengan materi pertempuran kota. Latihan ini berlokasi di empat titik dalam Kota Bireuen melibatkan 635 prajurit TNI di jajaran Yonif 113/Jaya Sakti dan berakhir di Simpang Jaya,” terang  Danyon Mayor Ariful Muttaqin.

Disamping itu, Komandan Yonif 113/Jaya Sakti juga menyampaikan terimakasih kepada warga Bireuen dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi, terutama manajemen BNI 46 Cabang Bireuen, BRI Cabang Bireuen, Kayantel Bireuen dan Percetakan Radar.[]