• Follow Us:
Published On: Wed, Sep 5th, 2012

Produksi Padi di Bireuen Tahun 2011 Naik 5 Persen

Bireuen – Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Bireuen, Selasa (4/9/201212) mengadakan rapat turun sawah untuk musim tanam rendengan tahun 2012. Rapat ini dilaksanakan di aula Setdakab Lama peserta yang hadir terdiri dari unsur Pemkab, Dinas dan Badan, Camat dalam kabupaten, Kepala BPP, Mantri Tani, Ketua KTNA dan Ketua Kaoem Meugo.

Acara ini dibuka oleh Bupati Bireuen yang diwakili oleh Asisten II Ir Zulkifli SP dalam sambutanya menyampaikan di Bireuen ada 23.413 hektar lahan sawah. Pada tahun lalu Bireuen mampu meningkatkan produksi padi sebesar 5%, sedangkan pada tahun ini pemerintah berharap akan terjadi kenaikan produksi lebih tinggi lagi.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Bireuen Ir H Alie Basyah dalam arahannya menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk menseragamkan jadwal turun kesawah sehingga pola tanam akan serentak walaupun ada beberapa kecamatan yang tidak mungkin bisa mengikuti jadwal kabupaten karena seperti Gandapura, Peusangan Siblah Krueng dan sebahagian kecil Kutablang lahan sawahnya tadah hujan.

“Tujuan diadakan rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi antara petani dengan pemerintah dalam hal turun kesawah dan diharapkan bisa dilakukan tanam serentak untuk mengurangi resiko hama terutama hama tikus,” jelas Ir Mawardi Kabid Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura sekaligus sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Rapat yang dilaksanakan di aula Setdakab lama dihadiri dari unsur Pemkab, Dinas dan Badan, Camat dalam kabupaten, Kepala BPP, Mantri Tani, Ketua KTNA dan Ketua Kaoem Meugo.[Muliyadi]