• Follow Us:
Published On: Wed, Jul 24th, 2013

Prodi Keperawatan Unsyiah Menjadi Fakultas Keperawatan

Rektor Unsyiah dan Safari Ramadhan sekaligus menjelaskan pendirikan Fakultas Keperawatan

Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh dalam waktu dekat ini akan bertambah satu fakultas lagi yakni  Fakultas Keperawatan.

Demikian dikatakan Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Syamsul Rizal M Eng pada acara silaturahmi Ramadhan 1434 Hijriah dengan seluruf staf FK Unsyiah di Aula FK Unsyiah, Rabu (24/7/2013).

Menurutnya, penambahan fakultas tersebut sesuai dengan surat nomor 2649/E.2,2/KL/2013, dari Dirjen dikti 14 April  tahun 2013 yang diterima  Unsyiah beberapa saat lalu.

Hal yang tidak kalah menarik juga kata Syamsul Rizal, program studi (prodi) S2 keperawatan juga telah direstui oleh dirjen, dengan surat keputusan nomor  137/E/O/2013, tertanggal 22 April.2013.

Pada pertemuan tersebut Syamsul Rizal didampingi pembantu rektor dan dekan FK Dr Mulyadi berharap dengan mandirinya Fak keperawatan ini  kedepan pelayanan keperawatan di Aceh semakin baik.

“Dengan harapan pelayanan pada masyarakat menjadi baik dan  membuat  masyarakat nyaman berobat didalam negeri nati,” pintanya.

Prodi Keperawatan Unsyiah yang dirintis oleh dr TM Makmur SKM belasan tahun silam telah banyak menghasilkan alumni  dan telah berkiprah diseluruh Indonesia dan khususnya dalam Provinsi Aceh.

Begitupun Rektor Usnyiah Syamsul Rizal belum menyatakan pasti tepatnya tanggal peresmian Fakultas Keperawatan menunggu waktu yang tepat, dan begitu juga terkait  pimpinannya .

Saat ini prodi keperawatan dengan 749 mahasiswa tingkat akademik, 235 tingkat profesi, staf pengajar 52 orang, dengan 9 staf sedang pendidikan S3 di dalam dan luar negeri.

Sementara itu Dekan FK  Dr Mulyadi mengharapkan Prodi kerewatan  terus berbenah dalam rang menjadi mandiri dari ibu kandungnya Fakultas kedokteran Unsyiah.”Mungkin  ditahun depan  segera akan mandiri prodi kedokteran gigi,”  tegasnya.

Selama  ini di Fakultas Kedokteran Unsyiah terdapat 3 prodi yaitu prodi keperawatan, prodi kedokteran gigi dengan ibu angkat  dari Universitas Indonesia dan Prodi psikologi  dengan ibu angkatnya Universitas Gajah Mada.

Rektor sangat berterima kasih  pada sivitas akademi fakultas kedokteran atas  karyanya selama ini seraya  berharap segera bertambah program studi  spesialis lain, selain Ilmu bedah, penyakit dalam, obgyn dan anak.

Salah seorang dosen senior yang juga Pembantu Dekan 2 FK Unsyiah Hajjul Kamil menambahkan, Prodi Keperawatan FK Unsyiah dibuka  18 juni 1999, atau 14 tahun silam dengan dosen senior di FK Unsyiah diantaranya dr Andalas  SpOG.[]