• Follow Us:
Published On: Wed, Jun 12th, 2013

PKA VI Berlangsung September

Adami Umar

Banda Aceh – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6 dipastikan akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 16 September 2013 mendatang di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh Drs Adami Umar MPd, Rabu (12/6/2013) mengatakan, untuk suksesnya agenda tetap lima tahunan tingkat Provinsi Aceh tersebut pihaknya terus melakukan persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Menurutnya, adapun berbagai persiapan yang telah dilakukan diantaranya telah diadakan beberapa kali rapat antara Pemerintah Provinsi Aceh dengan pihak Disbupar kabupaten/kota serta dengan bupati/walikota se-Aceh.

Sebenarnya pengalaman sebelumnya PKA berlangsung bulan Agustus, namun kali ini karena pada bulan Agustus 2013 masyarakat Aceh baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah sehingga digeser pelaksanaannya menjadi September 2013,” katanya.

Adami Umar berharap agar PKA ke-6 kali ini diadakan secara sederhana tapi sarat dengan budaya daerah sehingga nilai-nilai budaya daerah sebagai bagian budaya nasional dapat terus dibangkitkan.

“Adapun serangkaian kegiatan yang diadakan selama berlangsung PKA ke-6 tersebut diantaranya pameran budaya, pawai budaya, dialog budaya, permainan rakyat dan pentas seni utusan selururh kabupaten/kota di Aceh,” ujarnya.

Sehubungan dengan akan berlangsungnya PKA ke-6 Adami Umar menyebutkan, pemerintah Provinsi Aceh nantinya akan mengundang sejumlah tamu baik dari dalam negeri maupun dari sejulah negara sahabat.

“Saya berharap agar melalui PKA ke-6 kiranya agar dapat memantapkan jati diri masyarakat Aceh sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berbudaya dan bermartabat,” pinta Adami Umar.[]