• Follow Us:
Published On: Sat, Dec 29th, 2012

Perbankan di Aceh Salurkan Kredit Konsumtif

Banda Aceh - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh mencatat kredit yang disalurkan perbankan di provinsi itu hingga Oktober 2012 masih didominasi kredit konsumtif.

“Dari realisasi kredit yang disalurkan oleh seluruh perbankan yang beroperasi di Aceh, kredit konsumtif masih menjadi lokomotif dalam pembiayaan di perbankan,” kata Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Joni Marsius dihubungi di Banda Aceh, Jumat (28/12/2012).

Disebutkannya, dari total kredit yang disalurkan selama sepuluh bulan di tahun 2012, 58,79 persen merupakan kredit konsumtif dan sisanya 35,37 persen kredit modal kerja serta investasi 5,84 persen.

“Perkembangan ini perlu dicermati oleh semua pihak sebab kredit konsumsi yang disalurkan perbankan tersebut tidak akan berdampak positif untuk pengembangan ekonomi,” katanya.

Dijelaskannya, kredit konsumtif yang diberikan perbankan tersebut tidak akan menyerap lapangan kerja baru dan aliran dana tersebut tidak akan berputar di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Joni menyebutkan jumlah kredit yang disalurkan perbankan yang ada di provinsi ujung paling barat Indonesia itu mencapai sebesar Rp20,37 triliun.

Pihaknya berharap perbankan yang ada di Aceh dapat meningkatkan alokasi kredit untuk sektor produktif yang akan memberikan dampak positif kepada semua sektor ekonomi di daerah tersebut.

“Semoga peningkatan alokasi kredit untuk modal kerja dan investasi dapat menjadi agenda utama perbankan di Aceh tahun mendatang,” demikian Joni.[antara]