• Follow Us:
Published On: Mon, Jul 23rd, 2012

Penyakit Busuk Buah Serang Tanaman Kakao

WartaAceh.com | Aceh Utara – Sekitar 20.000 hektare tanaman kakao di Kabupaten Aceh Utara, Aceh membusuk. Kawasan paling parah serangan itu adalah di Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Cot Girek, Paya Bakong dan Kecamatan Buloh Balang Ara.

Penyakit berbahaya itu awalnya menyerang bagian kulit luar buah kakao, lalu terinfeksi ke dalam dan menyerang bagian biji. Buah yang sebelumnya segar, setelah terkena serangan berubah warna kecokelatan dan menjadi busuk.

“Penyakit busuk buah itu menyerang bagian bawah, kemudian menggerogiti seluruhnya. Tapi ada juga yang busuk hanya separuh ke bawah,” kata Marwan petani kakao di Kemukiman Pirak, Kecamatan Matangkuli, kepada¬†Media Indonesia, Minggu (22/7/2012).

Akibatnya segian buah kakao menggalami puso atau gagal panen sehinga menurunkan hasil produksi. Mereka khawatir bila kondisi demikian terus berlanjut hasil produksi mereka akan terancam gagal dan berpengaruh terhadap pendapatan.

Pemerhati masalah tanaman kakao di Aceh, Hasballah, mengatakan fenomena busuk buah kakao itu karena kelembaban tinggi. Serangan lebih parah biasanya pada saat sering diguyur hujan. Hal itu lebih banyak terjadi pada tanaman kakao yang kurang pemangkasan.

Hasballah menghimbau kepada petani kakao supaya rajin memangkas dahan dan ranting. Dengan cara demikian tanaman tampak bersih dari kerumunnan daun. Seluruh bagiannya bisa tersentuh sinar matahari dan mengusir kelembaban.

“Kalau terpendam lembab bisa menumbuhkan jamur. Itu berbahaya karean buahnya bisa membusuk,” katanya.[]

Sumber: mediaindonesia.com