• Follow Us:
Published On: Mon, Feb 18th, 2013

Penderita HIV/AIDS di Aceh Bertambah

Banda Aceh – Jumlah kasus terinfeksi Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Provinsi Aceh pada Desember 2012 meningkat dibandingkan 2011 yang mencapai 161 kasus.

“Hingga akhir Desember jumlah penderita HIV/AIDS di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh telah mencapai 161 kasus sementara pada Desember 2011 sebanyak 131 kasus, jadi ada penambahan 30 kasus,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi (KPAP) Aceh Ormaia Nya’ Oemar di Banda Aceh, Senin (18/2/2013).

Hal tersebut disampaikan dalam telekonferensi di aula BKKBN Provinsi Aceh bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, Sekretaris KPA Nasioanl Kemal Siregar dan Plt. Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso.

Telekonferensi yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal dan Asisten II Pemerintah Aceh Said Mustafa itu membahas koordinasi dan kesinambungan penanggulangan HIV/AIDS di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Ormaia Nya’ Oemar menyebutkan dari 161 kasus HIV/AIDS sejak 2004 hingga akhir Desember 2012, sebanyak 23 kasus diantaranya telah meninggal dunia.

Ia menyebutkan dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, kabupaten Aceh Utara merupakan daerah tertinggi penderita HIV/AIDS yakni 19 kasus dan disusul Aceh Tamiang sebanyak 17 kasus.

Kota Lhokseumawe, dan Aceh Tenggara 16 kasus, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Timur dan Kota Langsa terdapat 10 kasus, selanjutnya Kota Banda Aceh, Bireuen dan Pidie hanya sembilan kasus.

Kabupaten Simeulue hanya enam kasus, Aceh Tengah lima kasus, Pidie Jaya empat kasus sementara Nagan Raya, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Selatan, Aceh Barat dan Sabang terdapat masing-masing dua kasus serta Kota Subulussalam satu kasus.

Ormaia Nya’ Oemar juga mengatakan dari 161 kasus tersebut warga yang positif menderita HIV/AIDS 58 diantaranya berusia antara 30 hingga 39 tahun dan 54 kasus berusia antara 20 sampai 29 tahun sementara sisanya lebih dari 40 tahun dan kurang dari 19 tahun.[antara]