• Follow Us:
Published On: Sat, Oct 13th, 2012

Pemkab Gayo Lues Raih Penghargaan Energi

Jakarta – Gayo Lues satu-satunya Kabupaten di wilayah Provinsi Aceh mendapat penghargaan Energi Prabawa yang berlangsung, Jumat (12/10/2012) malam, yang bertempat di Hotel The Darmawangsa Jakarta.

Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Menteri ESDM (Eenergi dan Sumber Daya Mineral) Jero Wacik dan langsung diterima oleh Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasim. Acara penghargaan Energi 2012 berkaitan dengan rangkaian hari jadi Pertambangan dan Energi ke 67, yang dihadiri dari lingkungan Kementerian ESDM, Kepala Daerah, Kepala Dinas ESDM, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan di sektor ESDM.

Demikian dilaporkan, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Gayo Lues, Ir Ryasidin Porang dari Jakarta, Sabtu (13/10/2012) yang turut menghadiri acara tersebut.

Penghargaan Energi 2012, merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa perorangan, kelompok masyarakat, Perusahaan dan pemerintah daerah, yang berjasa dalam melaksanakan kegiatan usaha dan pengembangan , penyediaan dan pemanfataan energi dengan prinsip konservasi dan dirversifikasi serta hemat energi yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru.

Dikatakan Rasidin mengutif pidatonya Menteri ESDM, kegiatan itu  dimaksudkan untuk mendorong peran aktif masyarakat pemangku kepentingan untuk melakukan di versifikasi, konservasi dan budaya hemat energi serta menciptakan inovasi pengembangan sektor ESDM, sekaligus memicu dan memasyarakatnya budaya hemat energi serta penggunaan energi baru terbarukan.

Tiga kelompok penerima penghargaan energi ke-2 itu, antara lain, penghargaan energi Prakarsa (perorangan) diraih H.M.Dori Suhardi, Noverius Henutesa Nggili Spt, dan Sucipto. Sementara Penerima penghargaan Pratama (Perusahaan),adalah PT. Perkebunan Nusantara IV, PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, Strar Energi Geothermal Wayang Windu Ltd.

Sedangkan perusahaan Daerah, CV.Cihanjuang Inti Teknik (Cintek), CV Qoryah Thayyiban dan PT Swen Inovasi Transfer (SIT).

Empat penerima penghargaan Energi Prabawa (Instansi pemerintah), yakni, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Bantul dan Pemerintah kabupaten Gayo Lues.

Masih penjelasan kutipan dari Menteri melalui Rasidin Porang, Penghargaan Energi yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini diharapkan mendorong peran aktif masyarakat Indonesia,

“Sehingga menyadari pentingnnya kemandirian energi dalam rangka membangun ketahanan energi nasional melalui konservasi energi dan diversifikasi energi khususnya dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan,” ujar Menteri Jero Wacik, yang dikutip oleh Kadis Pertambangan dan Energi Kabupaten Gayo Lues.[insetgalus.com]