• Follow Us:
Published On: Thu, Feb 7th, 2013

Pemkab Bireuen Serahkan DP4 ke KPU Setempat

Bireuen – Pemerintah Kabupaten Bireuen menyerahkan Data Penduduk Pontesial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilih Umum (KPU) setempat di Aula Pendopo Bireuen, Kamis (7/2/2013).

Penyerahan DP4 tersebut merupakan rekapulasi penduduk yang wajib memilih sesuai dengan data kependudukan dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Bireuen.

Proses penyerahan DP4 hari ini terlaksana secara serentak seluruh provinsi di Indonesia, baik di pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Bupati Bireuen, Ruslan M Daud didampingi wakil bupati, Mukhtar Abda yang membaca pidato amanat Menteri Dalam Negeri, Gunawan Fauzi menyebutkan, DP4 ini sangat penting untuk proses pemilihan wakil rakyat tahun 2014 mendatang.

“Penyerahan DP4 tersebut merupakan bagian tahapan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemilu 2014, bahan ini akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran data pemilih mulai DPS sampai menjadi DPT,” sebutnya.

Oleh karena itu pemerintah telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akaruta, ini merupakan wujud akuntabilitas dan aktulitas dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemilu tepat waktu.

Penyempurnaan database pendudukan kabupaten/kota dengan hasil pelayanan harian pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan tujuan agar semua tambahan dan pengurangan penduduk disuatu tempat akibat terjadinya  LAMPID (Lahir, Mati, Pindah dan Datang).

Kementerian dalam negeri melalui Ditjen Kepdudukan dan Pencatatan Sipil juga melakukan pembersihan data ganda empat kali dengan memanfaatkan SIAK serta hasil perekaman e-KTP.

Persiapan data kependudukan yang akurat termasuk DP4, pemerintah telah mempersiapkan tiga program strategis nasioanl di bidang kepedudukan dan pencatatan sipil melalui penertiban NIK dan penerapan e-KTP secara massal  sehingga tak terdapat data ganda.

Secara terpisah Bupati Bireuen juga mengharapkan agar pemilihan legislatif tahun 2014 di Bireuen berjalan dengan aman dan damai, tak terjadi persoalan, sehingga terjadinya perubahan yang lebih baik kedepan.[]