• Follow Us:
Published On: Mon, Oct 1st, 2012

Moratorium Pemanfaatan Hutan Akan Terus Diperpanjang

Jakarta – Sekertaris Jendral Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto menyatakan moratorium atau penundaan izin pemanfaatan kawasan hutan primer dan gambut akan diperpanjang terus sampai lebih dari dua tahun.

“Moratorium akan terus kami perpanjang, sudah pasti diperpanjang sesuai dengan undang-undang kehutanan yang berlaku. Namun keputusan dan tandatangan tetap ditangan Presiden,” katanya usai peluncuran buku “Menjaga Hutan Kita: Pro- Kontra Kebijakan Moratorium Hutan dan Gambut” di Jakarta, Senin (1/10/2012).

Ia menjelaskan, Undang Undang No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya sudah jelas menyebutkan bahwa kawasan hutan konservasi dan hutan lindung tidak terbuka untuk pemanfaatan kawasan hutan.

 “Kami tidak menerbitkan izin untuk wilayah konservasi, hutan primer, dan lahan gambut. Itu sudah ketentuan hutan yang masih bagus tidak akan dibuka izinnya,” jelasnya.

Sementara Juru Kampanye Hutan Greenpeace, Bustar Maitar, mengatakan sebaiknya moratorium izin pemanfaatan hutan diberlakukan pada semua areal hutan, termasuk hutan sekunder.

“Karena hutan sekunder merupakan penyebab gas emisi rumah kaca terbesar. Ini yang didorong untuk lebih dilindungi di dalam kawasan hutan,” kata dia.[antara]