• Follow Us:
Published On: Wed, Oct 24th, 2012

Libur Idul Adha, PNS di Aceh Dilarang Perpanjang Cuti Bersama

Banda Aceh – Para pegawai negeri sipil (PNS) di Provinsi Aceh diminta tidak memperpanjang cuti bersama menyambut Idul Adha 1433 Hijriyah.

“Cuti bersama hanya Jumat 26 Oktober 2012. Kami minta tidak ada PNS yang memperpanjang cuti bersama itu,” kata Karo Hukum dan Humas Sekda Aceh Makmur Ibrahim di Banda Aceh, Selasa (23/10/2012).

Ditegaskan, cuti bersama hari Raya Idul Adha 1433 Hijriyah yang juga berlaku secara nasional telah ditetapkan Pemerintah pada 26 Oktober 2012, dan pimpinan instansi diharapkan meningkatkan pengawasan terhadap tingkat kehadiran karyawannya.

Ketetapan tersebut berdasarkan keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Keputusan itu masing-masing dengan Nomor 7 Tahun 2011, Nomor 04/MEN/VII/2011 dan Nomor SKB/03/M.PAN-RB/07/2011 tanggal 13 Juli 2011, tentang hari libur Nasional dan cuti bersama tahun 2012.

Makmur menjelaskan, bagi pemerintah di kabupaten dan kota yang memberlakukan enam hari kerja, maka pada hari Sabtu juga berlaku sebagai libur bersama.

Akan tetapi, untuk jam kerja yang hilang (sabtu) di kabupaten dan kota yang berlaku enam hari kerja maka wajib diganti pada hari kerja efektif pekan berikutnya guna memenuhi jumlah jam kerja efektif sepekan yakni  37,5 jam.

Sementara Karo Hukum dan Humas Sekda Aceh itu menjelaskan bagi  unit atau satuan kerja organisasi yang berfungsi memberikan pelayanan langsung terhadap kepentingan masyarakat agar mengatur penugasan pegawai pada cuti bersama Idul Adha itu.

“Pengaturan jam kerja di unit layanan itu penting seperti rumah sakit, sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal,” kata Makmur Ibrahim.

Ia juga meminta masing-masing pimpinan instansi menindak tegas jika ada PNS yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas setelah melaksanakan cuti.[antara]