• Follow Us:
Published On: Thu, May 9th, 2013

Jalan Lintas Sidikalang-Aceh Ditingkatkan

Medan - Jalan lintas sumatera (Jalinsum) Sidikalang, Sumatera Utara hingga ke Kutacane Provinsi Aceh lebih kurang sepanjang 250 km akan ditingkatkan pembangunannya dengan anggaran Rp250 miliar diperoleh dari APBN tahun 2013.

“Pengerjaan jalan negara tersebut bukan hanya memperlancar arus transportasi bagi kedua provinsi itu, tetapi guna membantu memasarkan hasil-hasil komoditi perkebunan,” kata Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho di Medan, Rabu (8/5/2013).

Dibangunnya jalan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sampai ke Provinsi Aceh, menurut Gatot, akan memberikan manfaat cukup besar bagi perkembangan ekonomi masyarakat.

“Karena Sidikalang selama ini dikenal sebagai penghasil komoditi berupa kopi, sayur-sayuran dan banyak dipasarkan ke Provinsi Aceh,” ucap Gatot.

Gubernur mengatakan, selama ini jalan dari Sidikalang sudah cukup baik dan lancar, namun perlu lebih ditingkatkan lagi.

“Hal ini dilakukan untuk lebih mensejahterakan kehidupan masyarakat Sidikalang Ibukota Kabupaten Dairi,” ujarnya.

Gatot mengatakan, semakin mulusnya jalan di wilayah Pantai Barat Sumatera, diharapkan roda perekonomian rakyat semakin berkembang pesat.

“Pemerintah tetap memperhatikan kehidupan warga agar semakin lebih sejahtera,” kata Gatot.

Kabupaten Dairi secara geografis terletak sebelah Barat Laut Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan Sebelah Utara Kabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Tanah Karo.

Sebelah Barat dengan Kabupaten Aceh Selatan, Sebelah Timur- Kabupaten Toba Samosir dan Sebelah Selatan-Kabupaten Pakpak Bharat.

Luas wilayah Kabupaten Dairi adalah`192.708 hektare, terdiri dari 15 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 141 Desa.

Di daerah Kabupaten Dairi juga terdapat bahan tambang, seperti timah hitam, emas batu gamping dan lain-lainnya. Tanaman pangan dan holtikura, perikanan, perkebunan (kopi Arabica dan Robusta) dan peternakan sangat memungkinkan di daerah ini untuk dikembangkan, serta agro industri.[antara]