• Follow Us:
Published On: Mon, Sep 24th, 2012

IAIN Ar-Raniry Gelar Kemah Kampus

Banda Aceh – Sebanyak enam ratusan siswa-siswi se-Aceh tingkat SMP dan SMA  mengikuti Kemah Kampus VI yang diadakan oleh Pramuka IAIN Ar-Raniry di lapangan terbuka kampus IAIN Ar-Raniry, Senin (24/9/2012).

Acara yang diadakan dari tanggal 24-28 September ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi peserta nantinya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi anak-anak Penggalang (SMP) dan Penegak (SMA). Banyak  gejala permasalahan pelajar saat ini karena kurangnya arahan dan motivasi kepada mereka, jadi kami ingin memotivasi dan mengajak mereka untuk berprestasi. Kemudian menghindari buruknya pergaulan bebas, seperti narkoba,“ kata Hidayatul Ihsan, selaku Ketua Pelaksana acara.

Kegiatan yang dilakukan ada yang berbentuk fisik dan non fisik. Dalam bentuk non fisik seperti penyulusan Kesehatan Reproduksi (Kespro), perilaku untuk sehat, fogging. Dan fisik seperti pembersihan sarana ibadah. Peserta tidak hanya diberikan penyuluhan, namun lebih lanjut dari itu dipraktekkan langsung ke lapangan.

“Kemah kampus ini rutin diadakan tiap tahunnya. Diharapkan mahasiswa berminat bergabung dengan pramuka, tentunya dengan tidak meninggalkan tugas utama sebagai mahasiswa,” kata Fuadi Zulkifli, selaku Pembina.

Acara yang dihadiri oleh Rektor IAIN Farid Wajidi selaku inspektur upacara disambut tepuk tangan yang meriah oleh peserta ketika menyampaikan pidato.

Farid Wajidi mengatakan mahasiswa agar tidak hanya kuliah dibangku perkuliahan saja, namun ikut serta aktif berorganisasi untuk pengembangan diri. Agar tidak mempunyai mental yang lemah, dan di sini salah satu tempat untuk mengasahnya.

“Kami memberi dukungan dan sokongan kepada mahasiswa untuk melakukan hal-hal yang positif karena dapat mengalahkan hal-hal yang negatif,” ucap Farid.

Dukungan yang dimaksud adalah dengan menyediakan lahan tempat untuk berkemah. Selain itu ia juga mengatakan bahwa yang dilakukan Pramuka IAIN Ar-Raniry berfungsi juga untuk memperkenalkan kampus IAIN baru.

Dalam perjalananya, pramuka IAIN Ar-Raniry telah banyak mendapatkan prestasi, baik lokal maupun tingkat nasional. Salah satunya menjadi juara 3 tingkat nasional di Jambi beberapa waktu yang lalu.[]