• Follow Us:
Published On: Sat, Sep 29th, 2012

Gaji PNS Dipotong Untuk Zakat Dicurigai

Kutacane – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Tenggara mulai mempertanyakan pemotongan gaji yang langsung dilakukan oleh oknum Bendaharawan. Modusnya, pembayaran Zakat, Infak dan Sedakah (ZIS) setiap bulan sejak Tahun 2009 lalu. Sementara gaji para PNS tersebut juga sudah dipotong pajak. Inilah yang membuat para PNS mengajukan keberatan atas potongan tersebut.

Kecaman itu diungkapkan Nawi Sekedang,SE Direktur Lembaga Anti Korupsi Agara (Lankgar) kepada koran ini Jumat (28/9/2012). Katanya, para PNS Agara kini menyatakan keberatan atas potongan tersebut dan minta untuk dihentikan sesuai poin-poin pengaduan para PNS tersebut kepada Lembaga yang dipimpinnya.

Dijelaskan, pemotongan dilakukan ketika pembayaran gaji oleh oknum Bendaharawan gaji SKPK (Satuan Kerja Perangkat Kabupaten) dan disetorkan kepada Baitul Maal. Anehnya dari Baitul Maal bukan disalurkan kepada kaum dhuafa dan lainnya, tapi disetorkan ke Kas Daerah dan ditetapkan sebagai PAD.

Diperkirakan jumlah potongan yang sudah dikumpulkan mengatas namakan ZIS dari gaji PNS di Kabupaten Aceh Tenggara sejak tahun 2009 di perkirakan berjumlah Milyaran Rupiah pertahun sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan terjadi pajak  pungutan ganda.[jpnn.com]