• Follow Us:
Published On: Thu, Feb 7th, 2013

Data Penduduk Potensial Pemilih di Aceh Capai 3,4 juta

Banda Aceh – Data penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4) Provinsi Aceh mencapai 3.472.179 jiwa dari total warga wajib kartu tanda penduduk (KTP) tercatat 3.472.677 orang.

DP4 tersebut diserahkan Pemerintah diwakili Asisten III Sekda Provinsi Aceh Muzakkar dan diterima Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Abdul Salam Poroh di Banda Aceh, Kamis (7/2/2013).

Dari total DP4 yang diserahkan itu, terbanyak adalah DP4 Kabupaten Aceh Utara mencapai 378.953 jiwa, dan terendah yakni Kota Sabang tercatat 24.168 orang.

Anggota Komisioner KIP Aceh Akmal Abzal menjelaskan, setelah prosesi penerimaan DP4 dari Pemerintah Aceh itu maka pihaknya akan bermusyawarah dengan KIP di 23 kabupaten dan kota di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

“Tujuannya adalah menyingkronkan data-data yang diberikan oleh Pemerintah Aceh kepada KIP guna menyusun daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2014,” ujar Abdul Salam.

Untuk menentukan daftar pemilih sementara (DPS) itu KIP memberikan ruang dan partisipasi berbagai elemen masyarakat, khususnya partai politik peserta pemilu guna penyempurnaan DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang valid, jelas Akmal Abzal.

Ia menambahkan, untuk bisa menjadi DPS minimal tercantum nomor induk kependudukan (NIK), nama dan alamat dari warga tersebut.

“Dari DP4 yang kami terima ini kemudian KIP melakukan pengkajian ulang, terkait untuk kebenaran apakah data yang diberikan itu sesuai seperti dilaporkan/diserahkan,” ujar Akmal Abzal.

Ia juga menjelaskan, dalam waktu dua bulan ke depan KIP harus menetapkan DPT dari seluruh Aceh untuk kepentingan pelaksanaan Pemilu 2014.[antara]