• Follow Us:
Published On: Thu, Nov 1st, 2012

Bireuen Tuan Rumah Rakor PKPT

Bireuen – Bupati Bireuen Ruslan M Daud membuka acara Rapat Koordinasi Penyusunan Program  Kerja Pengawasan Tahunan (Rakor PKPT) Tingkat Daerah tahun 2012, bertempat di komplek Sekolah Sukma Bangsa di Cot Keutapang, Bireuen, Kamis (1/11/2012).

Dalam sambutannya Bupati Bireuen mengatakan penyebab terjadi persoalan yang melilit masyarakat karena ketiadaan tranparansi dan akuntabilitas serta pengawasan di sektor publik maupun swasta.

“Terjadinya tarik menarik kepentingan antara individu atau kelompok serta praktek kesewenang-wenangan kekuasaan juga menjadi penyebab timbulnya persoalan ekonomi di masyarakat,” sebut  Ruslan M Daud dalam rilis yang diterima WartaAceh.com hari ini.

Lebih jauh Ruslan M Daud menambahkan akibat efek ekonomi dan sosial yang sangat tinggi maka harus diupayakan untuk menumbuhkan tata kehidupan masyarakat yang transparan dan akuntabel sebagai bagian dari penyelenggaraan good governance.

“Usaha untuk menciptakan iklim yang kondusif dan merangsang tumbuhnya masyarakat yang bermoral maka mutlak dibangun masyarakat yang jujur, bersih, adil dan transparan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Inspektur Aceh, Syarifuddin Z SH MH yang hadir mewakili Gubernur Aceh menyampaikan bahwa peningkatan pengawasan wajib dijalankan guna mengeliminir terjadinya penyimpangan baik penyalahgunaan wewenang dan penyelewengan anggaran yang dapat berakibat buruk bagi pembangunan daerah.

Menurut Syarifuddin, peran inspektorat selaku pengawas internal diharapkan dapat menjaga sumber dana pemerintah sehingga penggunaan dana tersebut benar-benar untuk kepentingan rakyat.

“Peran inspektorat dalam memberikan konsultasi, sosialisasi pendidikan dan prosedur pengelolaan keuangan dan sistem akuntansi mutlak diperlukan,” tegasnya.[]