• Follow Us:
Published On: Sun, Dec 2nd, 2012

Banjir di Aceh Utara Mulai Surut

Aceh Utara -  Banjir yang melanda empat kecamatan di Aceh Utara sejak sepekan terakhir mulai surut. Ada sebagian desa yang masih terendam karena daratan rendah.

Pantauan WartaAceh.com, sejumlah warga yang rumah sempat digenangi banjr akibat luapan air Krueng Keurerutoe dan Krueng Pirak  kebanyakan sedang membersihkan sisa-sisa lumpur setebal 5-10 cm di dalam rumahnya. Warga yang mengunakan rakit sebagai alat transportasi  kini sudah bisa dilalui seperti biasa dan tidak ada kendala lagi.

“Banjir sudah surut sejak tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, hanya beberapa desa yang masih terendam akibat daratan rendah, seperti di Kecamatan Pirak Timu, meliputi Desa Teupin Kubeu, Rayeuk Pange, Asab Kruen Kreh, dan Pange sekarang  warga pun sudah beraktivitas seperti biasanya,” kata Abdullah.

Lanjutnya, selain merendamkan ratusan rumah warga banjir kiriman itu juga menghancurkan puluhan hektar sawah warga yang baru ditanam bahkan sudah rusak dan dimakan keong.

“Kami berharap kepada Pemkab Aceh Utara supaya segera membangun tanggul sungai untuk mengatasi banjir, karena setiap kali hujan kami yang tinggal di Daerah Aliran sungai (DAS)  selalu merasakan banjir,“ harap Abdullah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Drs Iskndar Majid, menyebutkan walaupun banjir sudah surut, anggotanya masih siaga dilapangan untuk memantau perkembangan banjir.

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengantisipasi akan terjadinya banjir. Apabila masyarakat membutuhkan pertolongan, kita siap membantu kapan saja, ” demikian kata Iskandar.

Diberitakan sebelumnya, empat kecamatan di Aceh Utara dilanda banjir kiriman setelah diguyur hujan deras selama sepekan, membuat debit air Krueng Keureuto dan Krueng Pirak naik sehingga meluap ke perkampungan penduduk.[]