• Follow Us:
Published On: Tue, Sep 10th, 2013

Kemendikbud Gelar Lomojari 2013

unsmp Jakarta – Kemendikbud gelar Lomojari atau Lomba Motivasi Belajar Mandiri 2013 dilangsungkan selama tiga hari mulai 9 hingga 11 September.

Acara yang sudah digelar sejak 1996 ini digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai ajang unjuk menunjukkan prestasi belajar dan kreasi keterampilan peserta didik dari para siswa SMP terbuka.

Pesertanya terdiri atas 40 SMP terbuka dalam negeri, satu Learning Centre dari Sabah Malaysia dan lima Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) penyelenggara Program Paket B dan lima SD-SMP satu atap. Seluruh peserta berasal dari 43 Kabupaten/Kota dari 15 Provinsi.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan pendidikan formal memang penting untuk menghasilkan lulusan terbaik. Namun tidak tertutup kemungkinan bagi mereka yang tidak bersekolah secara formal khususnya SMP terbuka juga mendapatkan kesempatan yang sama.

Pemerintah, lanjutnya, menyediakan beasiswa setiap tahun baik untuk jenjang strata 2 dan strata 3 untuk didalam maupun diluar negeri. “Lulusan SMP terbuka dimungkinkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut,” ungkap Musliar, Senin (9/9/2013).

Terdapat dua bidang yang dilombakan dalam Lomojari yaitu akademik dan keterampilan. Dilombakannya kategori pendidikan, lanjut Wamendikbud, adalah untuk meningkatkan mutu pemahaman dan pembelajaran siswa SMP terbuka. Materi yang dilombakan mencakup semua mata pelajaran yang diajarkan di SMP terbuka. Selain itu pengetahuan umum juga diuji.

Sedangkan bidang keterampilan yang dilombakan menliputi tata busana, tata boga, kriya tekstik, kriya kayu, anyaman dan kerajinan.

“Kami mengajak para siswa untuk menggunakan produk lokal dalam praktik keterampilan untuk meningkatkan nilai jual bahan produk lokal namun tetap dengan sentuhan iptek,” ungkap Musliar.[metrotvnews.com]